LAPORAN
PRAKTIK MENGAJAR (PM) II
DI MADRASAH TSANAWIYAH
NEGERI (MTsN) 2 PALANGKA RAYA
Disusun Oleh:
IMAM
SUPIYAN
NIM. 0701140057
Pembimbing I
Dra.
Hj. RODHATUL JENNAH, M.Pd
NIP. 19671003
199303 2 001
Pembimbing II
NIP. 19691006
199402 2 001
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
TAHUN
1431 H / 2010 M
HALAMAN PENGESAHAN
MAHASISWA PRAKTIK MENGAJAR (PM) II
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA
DI MTsN 2 PALANGKA RAYA
TAHUN 2010
NAMA : IMAM SUPIYAN
NIM : 0701140057
PRODI : TADRIS (PENDIDIKAN) BIOLOGI
JURUSAN : TARBIYAH
Kami menerangkan bahwa
nama tersebut telah melaksanakan Praktik Mengajar (PM) II di
Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Palangka Raya sejak tanggal 07 Oktober 2010
sampai tanggal 26 November 2010.
Pembimbing I
Dra. Hj. RODHATUL JENNAH, M.Pd
NIP. 19671003 199303 2 001
|
Palangka Raya,
November 2010
Pembimbing II
HERLIANI, S.Pd
NIP. 19691006 199402 2 001
|
Mengetahui
Kepala MTsN 2 Palangka Raya,
Drs. MUHAMMAD IRSANI
NIP. 19640908 199402 1 001
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur ke
hadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita
semua, sehingga penyusun sebagai Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palangka Raya tahun 2010 dapat menyelesaikan tugasnya melaksanakan
Praktek Mengajar (PM) II di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Palangka Raya
sejak tanggal 07 Oktober sampai tanggal 26 November 2010 dan menyusun laporan
sebagai bukti pelaksanaan kegiatan Praktik Mengajar (PM) II sebagaimana
mestinya.
Dalam kesempatana ini tidak lupa
pula penyusun mengucapkan terima kasih dan menghaturkan dengan hormat kepada semua
pihak yang telah membantu, membimbing, berpartisipasi, bertanggungjawab dalam pelaksanaan
Praktik Mengajar (PM) II di MTsN 2 Palangka Raya, kepada:
1. Bapak Dr. H. Khairil
Anwar, M.Ag selaku ketua STAIN Palangka Raya.
2. Bapak Ajahari, M. Ag selaku Ketua
tim panitia PM II
beserta stafnya
3. Bapak Drs. Muhammad Irsani
selaku Kepala MTsN 2 Palangka Raya
4. Bapak John Syarif, S.Pd
selaku Wakamad Kurikulum MTsN 2 Palangka Raya.
5. Ibu Dra. Hj. Rodhatul
Jennah, M.Pd selaku pembimbing I
6. Ibu Herliani, S.Pd
selaku pembimbing II
7. Siswa-siswi kelas VIII B yang
saya sayangi
8. Serta semua dewan Guru di MTsN 2 Palangka Raya, yang
telah membantu dan mendukung dalam mensukseskan pelaksanaan program Praktik Mengajar
(PM) II tahun 2010.
Akhirnya mudah-mudahan penyusunan laporan ini ada
manfaatnya dan menambah khazanah bagi penyusun serta pembacanya. Dan apabila dalam
penyusunan laporan ini terdapat kekurangan dan kekeliruan, penyusun
mengharapkan kritik dan saran yang membangun kearah yang lebih baik lagi. Sukses dan maju
terus bagi kita semua. Semoga Allah SWT memberkati dan meridhai segala usaha
kita semua. Amin ya Robbal ‘alamin.
Palangka Raya,
November 2010
Penyusun
IMAM SUPIYAN
NIM. 0701140057
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangka Raya adalah salah satu
lembaga pendidikan yang memproduk tenaga-tenaga educator yang terampil, professional,
serta mampu menjawab tantangan zaman dan memberikan alternative masalah
pendidikan dan pengajaran.
Praktik Mengajar (PM) II merupakan mata kuliah yang berbentuk praktik dan menjadi
bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan mata kuliah yang harus ditempuh Mahasiswa
STAIN Palangka Raya dan merupakan kelanjutan dari praktik Mengajar (PM) I.
Praktik Mengajar (PM) II merupakan ajang bagi Mahasiswa untuk menerapkan
pengetahuan yang telah diperoleh selama mengikuti kegiatan
perkuliahan sehingga Mahasiswa tidak hanya memiliki teori-teori pembelajarna
saja, akan tetapi mampu mengaktualisasikannya dalam kegiatan pembelajaran yang
sesungguhnya.
Bagi mahasiswa
memprogramkan mata kuliah Praktik Mengajar (PM) II, maka diharuskan telah lulus Praktik Mengajar (PM) I atau Micro
Teaching yang berbobot 2 SKS. Praktik Mengajar (PM) I merupakan bagian
integrasi dari Praktik Mengajar (PM) II. Praktik Mengajar (PM) II merupakan
pengaplikasian dari Praktik Mengajar (PM) I yang menjadi tempat melatih
keterampilan proses praktik mengajar untuk diterapkan di sekolah.
B. Motivasi Mahasiswa
Mengikuti PM II
Dasar yang menjadi motivasi bagi saya selaku mahasiswa untuk mengikuti praktik
mengajar (PM) II, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.
Sebagai salah
satu mata kuliah yang harus ditempuh.
2.
Untuk
menerapkan teori yang sudah didapatkan saat praktik
mengajar (PM) I.
3.
Dalam rangka mencari
pengetahuan dan pengalaman melalui terjun langsung di lapangan sebagai bekal
menjadi calon seorang Guru atau pendidik yang profesional.
4.
Untuk tempat
belajar bagaimana cara berhubungan atau berurusan dengan suatu instansi terutama
instansi pendidikan.
5.
Sebagai ajang
tempat belajar bagaimana cara yang tepat atau sesuai dengan mentransfer ilmu ke peserta didik agar tujuan pendidikan dapat
tercapai.
C. Tujuan Praktik Mengajar
(PM) II
Adapun yang menjadi tujuan Praktik Mengajar (PM) II, yaitu sebagai berikut:
1. Agar Mahasiswa STAIN Palangka Raya memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas supaya menjadi calon Guru
yang handal sesuai profesinya.
2. Membentuk calon Guru yang
profesional
3. Agar memiliki
pengalaman dan dedikasi yang tinggi dalam bidang pendidikan
4. Untuk memahami dan mengetahui
bagaimana penerapan Strategi Belajar Mengajar (SBM) dalam proses kegiatan
pembelajaran.
5. Melahirkan seorang Mahasiswa
yang terampil dalam mengembangkan materi, keterampilan dan metode dalam pembelajaran.
6. Memahami dan mengetahui
bahkan menemukan berbagai problem saat proses pembelajaran berlangsung
dan belajar berupaya mengatasinya dengan keterampilan dan cara berpikir seorang
Guru yang profesional.
BAB II
GAMBARAN UMUM MTsN 2 PALANGKA RAYA
A. Sejarah Berdirinya MTsN
2 Palangka Raya
Pada mulanya di Palangka Raya, lembaga pendidikan yang bercirikhaskan Islam
yang setingkat dengan SLTP (SMP) hanya ada
satu buah yaitu MTsN 1
Palangka Raya yang terletak di Jalan Ais Nasution. Dalam perkembangannya dari
tahun ke tahun MTsN 1 Palangka Raya mengalami kemajuan pesat. Hal ini dapat
dilihat dari sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, jumlah Siswa yang
bertambah dan setiap tahun mengadakan penerimaan Siswa baru, banyak calon Siswa yang tidak tertampung
(tidak diterima) karena keterbatasan ruang belajar.
Melihat kenyataan tersebut, maka timbullah keinginan untuk menambah ruang
belajar. Namun kondisi tempat penambahan ruang belajar tidak memungkinkan. Kemudian pihak Departemen Agama ada keinginan untuk mengembangkan MTsN 1 menjadi 2 tempat. Maka
pada tahun 1995 dibangunlah MTsN yang pada waktu itu masih menjadi bagian dari
MTsN 1 Palangka Raya yang berada di jalan Tjilik Riwut Km. 7 Kecamatan Jekan Raya, kota
Palangka Raya, yang sekarang telah berubah
namanya menjadi MTsN 2 Palangka Raya.
Seiring dengan diakuinya MTsN 2 Palangka Raya berdiri sendiri, maka sarana
dan prasarana dari tahun ke tahun selalu bertambah, baik jumlah ruangan
belajarnya maupun sarana dan prasarana penunjang lainnya.
B. Visi dan Misi MTsN 2
Palangka Raya
MTsN 2 Palangka Raya memiliki Visi, yaitu “Berakhlak, Jujur, dan Cerdas”.
MTsN 2 Palangka Raya memiliki Visi tersebut guna mempersiapkan Siswa agar
memiliki budi pekerti yang luhur (akhlakul karimah), berlaku jujur dalam sikap
dan perilaku, serta mampu memberdayakan pola pikir untuk menguasai
ilmu pengetahuan dan teknologi.
MTsN 2 Palangka Raya dalam mencapai Visi tersebut perlu dilakukan suatu Misi
berupa kegiatan jangka pendek dengan
arah yang jelas. Berikut ini merupakan Misi yang dirumuskan berdasarkan Visi di
atas, Misi tersebut adalah sebagai berikut:
1. Mengembangkan
nilai-nilai taqwa, akhlakul karimah, yang berjiwa ahlusunnah wal jamaah.
2. Menerapkank pola nilai
kejujuran dalam setiap aktivitas kehidupan.
3. Melaksanakan pendidikan
Islam menuju terbentuknya manusia berkualitas
4. Mengembangkan kecerdasan
dan keterampilan berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
MTsN 2 Palangka Raya juga memiliki tujuan jangka
pendek, yaitu sebagai berikut:
1. Mempertahankan status
akreditasi A
2. Mempertahankan prestasi
100% kelulusan
3. Membentuk “kelas
efektif” dengan format JP.
4. Membentuk kelompok
belajar bahasa (Bahasa Arab, Bahasa
Inggris dan Bahasa Indonesia)
5. Membentuk Kelompok Ilmiah Remaja (KIR).
6. Membentuk Kelompok Tilawah Siswa (KTS).
7. Membentuk dan mengaktifkan kantin kejujuran.
8. Tuntas matematika
9. Mengaktifkan ekstrakurikuler seni dan olah raga.
10. Menerapkan sistem
administrasi Madrasah dan database penilaian.
11. Pembiasaan perilaku bersih dengan program “Jum’at bersih”.
12. Menciptakan suasana familiar pemanfaat teknologi dan informasi.
13. Menciptakan budaya ukhuwah Islamiyah, ramah dan saling menghargai.
14. Seluruh Siswa dan Guru dijamin fasilitas asuransi jiwa.
C. Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
1. Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP)
Berlakunya dasar hukum serta pedoman yang
jelas dari pemerintah pusat dan BSNP serta model-model silabus dan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari pusat kurikulum, Balitbang Mendiknas
sebagai dasar/ pedoman/ acuan dalam penyusunan
KTSP.
2. Kalender Pendidikan
Tersedianya kalender
induk sebagai pedoman umum yang dikeluarkan oleh Diknas
kota Palangka Raya dan Kemenag kota Palangka Raya untuk
selanjutnya dijabarkan secara detail dalam kegiatan akademik atau non akademik
sesuai dengan potensi atau kondisi kepentingan sekolah.
3. Program Pembelajaran
Sudah berpengalaman Guru-Guru
dalam menyusun program-program pembelajaran (program tahunan, program semester,
program penilaian analisis) yang hasilnya terkait dengan kurikulum berbasis
kompetensi.
4. Penilaian Hasil Belajat
Peserta Didik
Penilaian hasil belajar
telah berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian sebagaimana diatur dalam
PP No. 19 tahun 2005 pasal 63 dan 64.
D. Fasilitas Madrasah
No
|
Nama
Bangunan
|
Jumlah
|
1
|
Luas bangunan
|
2.326 m2
|
2
|
Ruang kelas
|
18 buah
|
3
|
Ruang kepala/guru/TU
|
1 buah
|
4
|
Lab. Komputer (1) +
Komputer
|
40 unit
|
5
|
Lab. Bahasa (1) +
audio set
|
30 set
|
6
|
Lab. IPA (1) +
Peralatan praktik
|
Seperangkat
|
7
|
Ruang kesenian (1) +
alat-alat seni
|
Lengkap
|
8
|
Peralatan band
sekolah
|
1 set
|
9
|
Ruang serba guna/Aula
|
1 buah
|
10
|
Ruang perpustakaan +
lebih dari 1000 buku
|
1 buah
|
11
|
Tempat parker (mobil,
motor, dan sepeda)
|
2 buah
|
12
|
Mushola
|
1 buah
|
13
|
Ruang BP/ BK
|
1 buah
|
14
|
Ruang komite
|
1 buah
|
15
|
Ruang OSIS
|
1 buah
|
16
|
Ruang PMR
|
1 buah
|
17
|
Ruang Pramuka
|
1 buah
|
18
|
Lapangan olah raga
|
1800 m2
|
19
|
Kantin madrasah
|
5 buah
|
20
|
WC siswa
|
15 buah
|
21
|
Ruang audio visual
(lengkap dan modern)
|
1 buah
|
22
|
Kantin kejujuran
(representative)
|
1 buah
|
23
|
Fasilitas internet
(wireless & LAN)
|
2 line
|
E. Kegiatan Ekstra Kurikuler
1. Pramuka
2. PMR
3. Olah Raga
-
Basket
-
Futsal
-
Bulu tangkis
-
Silat/ karate
-
Tenis meja
-
Sepak bola
4. Seni
a. Sanggar seni
-
Seni tari
-
Tari melayu
-
Qasidah rebana
-
Nasyid
-
Hadrah
b. Band sekolah
BAB III
PELAKSANAAN PRAKTIK MENGAJAR (PM) II
A. Proses Pelaksanaan PM
II
1. Koordinasi panitia PM
II dengan lembaga terkait
Koordinasi PM II
dilakukan oleh panitia pelaksana PM II dengan pihak sekolah jauh hari sebelum pelaksanaan
PM II dimulai atau dilaksanakan.
2. Orientasi PM II
Orientasi Praktik
Mengajar (PM) II merupakan suatu kegiatan yang diwajibkan bagi mahasiswa yang memprogramkan
mata kuliah Praktik Mengajar (PM) II dan sebagai tempat pemberian arahan yang
bekenaan dengan pelaksanaan PM II di sekolah. Semua Mahasiswa harus mengikuti
orientasi guna mendapatkan penjelasan materi, keterampilan, sistem situasi sekolah
dan prosedur Praktik Mengajar (PM) II. Hal ini dimaksudkan
sebagai bekal bagi Mahasiswa praktikan sebelum terjun ke sekolah.
3. Observasi
Observasi dilakukan
ketika Mahasiswa yang akan Praktik Mengajar (PM) II telah adanya serah terima dari
pihak pengantar STAIN Palangka Raya dengan pihak sekolah MTsN 2 Palangka Raya.
Hari pertama adalah membahas tata tertib dan learning contract dari pihak
sekolah dengan Mahasiswa Praktik Mengajar (PM) II STAIN Palangka Raya. Hari
kedua pembagian jadwal piket dan pembentukan ketua kelompok Praktik Mengajar (PM)
II. Hari ketiga mendapat surat tugas untuk mengajar kelas yang telah ditentukan serta siapa yang menjadi Guru pamong, sekaligus
observasi kelas, kantor, TU, perpustakaan,
ruang guru, aula, ruang audio visual, ruang BK, ruang koperasi, Lab. IPA Terpadu, lab. Komputer dan tempat ibadah (mushalla).
4. Konsultasi
Mahasiswa sebelum
tampil dalam Praktik Mengajar (PM) II, terlebih dahulu diwajibkan untuk
melakukan konsultasi bimbingan dengan pembimbing II (Guru pamong) baru kemudian
pembimbing II (Dosen dari STAIN Palangka Raya). Apabila konsultasi telah dilaksanakan
dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudah di ACC atau ditanda tangani oleh kedua pembimbing dan disyahkan oleh Kepala Madrasah. Maka, Mahasiswa
baru bisa tampil Praktik Mengajar di kelas yang telah ditentukan. Konsultasi
yaitu berkaitan dengan format RPP, materi, dan SBM (Strategi Belajar Mengajar):
konsultasi dilakukan setiap akan tampil pada pertemuan yang ditempuh selanjutnya sampai pertemuan ke-VI (enam) kali tampil Praktik Mengajar (PM).
5. Pembimbing
Pembimbing I adalah Dosen STAIN Palangka
Raya, yaitu yang terhormat Ibu Dra. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd yang ditunjuk
oleh ketua panitia pelaksana Praktik Mengajar (PM) II untuk memberikan bimbingan kepada Mahasiswa
bimbingannya.
Pembimbing II adalah Guru
pamong yaitu guru bidang studi Biologi yang mengajar di sekolah tempat Mahasiswa Praktik
Mengajar (PM) II dan bertugas memberikan bahan materi yang akan diajarkan oleh Mahasiswa
praktikan, memberi bimbingan dan arahan baik dari segi penampilan, menghadapi
murid, mengelola kelas, metode/ SBM dan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran). Beliau adalah yang terhormat, Ibu Herliani, S.Pd.
6. Praktik Mengajar (PM)
II
Setelah selesai konsultasi dan RPP sudah
disetujui atau di ACC, maka Mahasiswa melaksanakan Praktik Mengajar. Hal
ini dilakukan sebanyak VI
(enam) kali pertemuan tampil.
7. Waktu dan Tempat
Pelaksanaan
1.
Waktu : Mulai tanggal 07 Oktober 2010 sampai tanggal 26 November 2010
2.
Tempat : MTsN 2 Palangka Raya Jl. Tjilik Riwut Km. 7 Palangka Raya.
B. Bidang Studi dan Materi
yang Diajarkan
1. Pertemuan pertama
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok : Sistem Pencernaan pada manusia
Kelas : VIII (delapan) B
Semester : I (Satu)
Hari/Tanggal : Jum’at, 15 Oktober 2010
Alokasi Waktu : 3 x 40 Menit
2. Pertemuan Kedua
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok : Makanan dan kesehatan
Kelas : VIII (Delapan) B
Semester : I (Satu)
Hari/Tanggal : Jum’at, 22 Oktober 2010
Alokasi Waktu : 3 x 40 Menit
3. Pertemuan ketiga
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok : Sistem Pernapasan pada manusia
Kelas : VIII (delapan) B
Semester : I (Satu)
Hari/Tanggal : Jum’at, 29 Oktober 2010
Alokasi Waktu : 3 x 40 Menit
4. Pertemuan keempat
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok : Volume udara dalam paru-paru, kelainan dan
penyakit pada sistem pernapasan.
Kelas : VIII (delapan) B
Semester : I (Satu)
Hari/Tanggal : Jum’at, 5 November 2010
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
5. Pertemuan kelima
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok : Sistem peredaran darah
Kelas : VIII (delapan) B
Semester : I (Satu)
Hari/Tanggal : Jum’at, 12 November 2010
Alokasi Waktu : 3 x 40 Menit
6. Pertemuan keenam
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok : Peredaran darah, penggolongan darah,
transfusi darah, dan kelainan pada sistem peredaran darah
Kelas : VIII (delapan) B
Semester : I (Satu)
Hari/Tanggal : Selasa, 23 November 2010
Alokasi Waktu : 3 x 40 Menit
C. Jadwal Pelaksanaan
Praktik Mengajar (PM) II
Adapun jadwal pelaksanana praktik mengajar (PM) II adalah sebagai berikut:
No
|
Hari/Tanggal
|
Kelas
|
Pukul
|
Materi
|
1.
|
Jum’at, 15
Oktobe 2010
|
VIII B
|
06.45- 08.45
|
Sistem
pencernaan pada manusia
|
2.
|
Jum’at, 22
Oktober 2010
|
VIII B
|
06.45- 08.45
|
Makanan
dan kesehatan
|
3.
|
Jum’at, 29
Oktober 2010
|
VIII B
|
06.45- 08.45
|
Sistem
pernapasan pada manusia
|
4.
|
Jum’at, 5
November 2010
|
VIII B
|
06.45- 08.45
|
Volume
udara dalam paru-paru, kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan
|
5.
|
Jum’at, 12
November 2010
|
VIII B
|
06.45- 08.45
|
Peredaran
darah
|
6.
|
Selasa, 23
November 2010
|
VIII B
|
09.45-
11.05
|
Penggolongan
darah, transfusi darah, dan kelainan
pada system peredaran darah.
|
BAB IV
FAKTOR PENUNJANG DAN PENGHAMBAT
A. FAKTOR PENUNJANG
Dalam pelaksanaan kegiatan Praktik Mengajar (PM) II di Madrasah Tsanawiyah Negeri
(MTsN) 2 Palangka Raya, Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan baik. Hal ini dapat
terwujud demikian, dikarenakan ada beberapa faktor penunjang dalam
pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II. Adapun faktor penunjang tersebut adalah
sebagai berikut:
1. Sarana dan prasarana
pendidikan yang cukup lengkap dan memadai sehingga mempermudah bagi
mahasiswa praktikan dalam proses pelaksanaan praktik mengajar (PM) II.
2. Kondisi lingkungan yang
baik, kondusif, bersih, nyaman, dan menyenangkan.
3. Adanya kerja sama yang
baik antara pihak sekolah, Guru, Siswa, dengan Mahasiswa Praktik Mengajar (PM) II.
4. Bimbingan yang maksimal saat konsultasi dalam pembuatan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maupun saat akan tampil atau pelaksanaan Praktik
Mengajar (PM) II di kelas.
5. Buku
Paket setiap Siswa (peserta didik) terutama mata pelajaran Biologi telah memiliki,
sehingga Mahasiswa Praktik Mengajar tidak terlalu banyak mencatat cukup
menjelaskan dengan model, metode
yang direncanakan, membimbing, menjadi
partner bagi peserta didik, dan
peserta didik cukup menyimak dan mengulas secara jalan dari yang dijelaskan oleh
Mahasiswa praktikan, sehingga pada saat mereka mengerjakan LKS (Lembar Kerja
Siswa), pembelajaran menjadi student
center oriented (pusat belajar orientasinya pada Siswa sedang Guru membimbing dan mengarahkan, Siswalah yang
lebih aktif, Guru sebagai fasilitator.
B. FAKTOR PENGHAMBAT
Dalam pelaksanan Praktik Mengajar (PM) II di Madrasah
Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Palangka Raya ada beberapa hal kendala yang dihadapi
tetapi tidak terlalu prinsipil
hanya bersifat relatif.
Kendala atau faktor
penghambat tersebut adalah sebagai berikut:
1.
Ada beberapa Siswa yang kurang
memperhatikan atau asyik sendiri saat proses kegiatan belajar, walaupun sudah ditegur
dengan ucapan “jangan ribut”
tetapi masih tetap ribut.
2.
Ada beberapa Siswa yang tidak
pernah membaca atau mempelajari di rumah buku paket yang dimiliki sehingga saat
proses pembelajaran
ketika diskusi kelompok, bingung materi
dibukunya yang mana halaman yang sesuai dengan pertanyaan atau soal yang
diberikan melalui LKS (Lembar Kerja Siswa).
C. Solusi
Adapun upaya penyelesaian atau mengatasi hambatan atau kendala tersebut
dalam pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II adalah sebagai berikut:
1. Memberikan pengertian
kepada Siswa yang suka ribut mengenai pentingnya memperhatikan pelajaran yang
disampaikan Guru (Mahasiswa Praktik), baik untuk masa sekarang maupun di masa
depan kelak.
2. Memberikan motivasi kepada
Siswa agar rajin belajar dan memberikan pengertian
dengan menceritakan contoh orang-orang yang sukses dan berhasil.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Praktik Mengajar (PM)
II adalah mata kuliah wajib ditempuh dengan syarat telah lulus Micro Teaching atau
Praktik Mengajar (PM) I¸ dan pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II yaitu praktik
terjun langsung di sekolah.
2. Melalui pelaksanaan Praktik
Mengajar (PM) II dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengajar bagi Mahasiswa
STAIN Palangka Raya, sehingga dapat menjadi seorang calon Guru yang profesional.
3. Dalam pelaksanaan Praktik
Mengajar (PM) II ada beberapa faktor penunjang yang perlu ditingkatkan terus atau
dikembangkan lagi dan tentunya memperbaiki atau membenahi faktor penghambat.
4. Praktik mengajar (PM)
II dapatk terlaksana dengan baik dan lancar. Hal ini dikarenakan karena adanya kondisi sekolah yang
kondusif, nyaman, bersih dan menyenangkan, serta adanya hubungan kerja sama
yang baik antara Mahasiswa Praktik Mengajar (PM) II dengan pembimbing I,
pembimbing II dan pihak sekolah.
B. Saran
1. Bagi panitia pelaksana Praktik
Mengajar (PM) II pada masa yang akan datang, hendaknya perencanaan pelaksanaan Praktik
Mengajar (PM) II lebih diperhatikan terutama mengenai waktu pelaksanaan Praktik
Mengajar (PM) II, sehingga tidak terkesan terlalu mepet dan terburu-buru atau waktu yang pas-pasan
dekat dengan pelaksanaan ujian semester sekolah. Hal ini menjaga kemungkinan
kalau ada Mahasiswa yang berhalangan tampil karena sakit,
ada kelonggaran untuk menyusul.
2. Bagi mahasiswa yang akan
memprogramkan Praktik Mengajar (PM) II agar supaya mempersiapkan diri
semaksimal mungkin dengan wawasan, pengetahuan dan keterampilan mengajar yang
baik.
LAPORAN PERORANGAN
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
ANGKATAN XXIII KELOMPOK VIII
STAIN PALANGKA RAYA TAHUN
2010
DESA SAMBA DANUM KEC. KATINGAN TENGAH
KAB. KATINGAN KALIMANTAN
TENGAH
SUPERVISOR : MUNIB, M. Ag
Disusun Oleh:
IMAM SUPIYAN
NIM.0701140057
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PALANGKA
RAYA
TAHUN
2010
KATA PENGANTAR
Segala puji hanya bagi Allh
SWT, Tuhan seluruh alam yang senantiasa memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya
kepada Kita semua. Dengan segala kekuasaan dan kehendak-Nya kami dapat
menyelesaikan Laporan Kegiatan Kelompok
Kuliah Kerja Nyata (LKK-KKN) STAIN Palangka Raya Angkatan XXIII tahun 2010 yang
bertempat di Desa Samba Danum Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan
dengan baik.
Penyusunan Laporan
ini dibuat yaitu bertujuan sebagai bukti pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja
Nyata (KKN), untuk bahan kajian secara ilmiah dan evaluasi untuk kepentingan
Akademik baik bagi Mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang
merupakan bagian dari mata kuliah yang berupa pengabdian kepada Masyarakat
seperti bunyi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun badan pelaksana
Kuliah Kerja Nyata (BP-KKN).
Dalam proses
pelaksanaan Program KKN di desa Samba Danum
tidak sedikit mendapat masukan, pengalaman, pelajaran, serta pengetahuan
yang sangat berharga bagi bekal dan pandangan untuk terjun di tengah-tengah
masyarakat serta bantuan dari berbagai pihak, baik dari segi pemikiran, tenaga,
meteril, dan lain sebagainya. Sehingga pelaksanaan KKN di Desa Samba Danum
Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten
Katingan dapat terlaksana dan kami tuangkan melalui penyusunan laporan kegiatan
ini.
Saya sebagai Mahasiswa yang
melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Samba Danum Kecamatan Katingan
Tengah dengan ini mengucapkan sangat
berterima kasih dan menghaturkan dengan hormat kepada semua pihak yang telah
ikut membantu, berpartisipasi, bertanggung jawab dan membimbing dalam
pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 2 bulan di Desa Samba
Danum, Kepada:
- Bapak Dr. H. Khairil Anwar, M. Ag selaku ketua STAIN Palangka Raya
- Bapak Dr. Muhammad, M. HI dan Bapak Ali Iskandar, M. Ag selaku BP-KKN besrta stafnya
- Bapak Utui Tatang Sontani selaku kepala Desa Samba Danum
- Bapak Adventus,SE selaku Camat Katingan Tengah
- Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda Desa Samba Danum
- Serta Segenap unsur yang telah membantu dan mendukung dalam mensukseskan Pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XXIII tahun 2010.
Akhirnya, mudah-mudahan penyusunan laporan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini ada manfaatnya dan menambah khazanah bagi Penyusun
serta Pembacanya. Dan apabila dalam penyusunan laporan ini terdapat kekurangan
dan kekeliruan, saya mengharapkan krirtik dan saran yang membangun kepada kearah yang
lebih baik lagi. Sukses dan maju terus bagi Kita semua, Semoga Allah SWT
memberkati dan meridhoi segala usaha Kita semua. Amin-amin Ya Rabbal
‘alamin….
Samba Danum, September 2010
Penyusun,
IMAM
SUPIYAN
NIM.0701140057
STRUKTUR KELOMPOK VIII
KKN STAIN PALANGKA RAYA ANGKATAN
XXIII TAHUN 2010
DESA SAMBA DANUM
PELAKSANAAN
PROGRAM
UMUM DAN KHUSUS
SECARA
PERORANGAN
A. PROGRAM UMUM
1. Pengabdian Kepada Masyarakat
a. Implementasi Kegiatan
Berdasarkan salah
satu bunyi tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, Sya
selalu mengupayakan dan menyempatkan waktu untuk melaukan pengabdian diri pada
masyarakat sesuai dengan program studi yang saya tempuh yaitui pendidikan
biologi. Dalam membina masyarakat saya tidak hanya mengajarkan pendidikan
biologi di masyarakat dimana saya melaukan pembinaan tetapi saya juga melakukan
kegiatan yang lain dengan keterampilan
dan keahlian khusus yang dapat saya lakukan sebagaimana hasil musyawarah yang
telah disepakati oleh kelompok saya. Karena lembaga pendidikan di desa samba
danum ada SD, SMP dan SMA, maka saya berbagi tugas mengajarnya yaitu saya di
SMA-Muhammadiyah Katingan Tengah Desa samba danum dan teman lainnya mengajar di
SMPN-1 Katingan Tengah Desa Samba Danum. Saya di SMA-Muhammadiyah dipercaya
oleh lembaga untuk mengajar mata pelajaran biologi kelas X, XI-IPA dan
XII-IPA dan mengajar mata pelajaran
Bahasa Arab kelas X, XI-IPA/IPS, dan XII-IPA/IPS. Selain di SMA-Muhammadiyah,
saya dipercaya untuk mengajar PAI di SMAN-1 Katingan Tengah Desa Samba Danum
karena permintaan dari pihak sekolah untuk mengajarkan mata pelajaran tersebut.
Walau PAI dan Bahasa Arab bukan bidang saya, karena masyarakat memerlukan untuk
saya mengajarkan mata pelajaran tersebut, maka saya berusaha semampu dan sebisa
saya. Padahal kedua mata pelajaran tersebut diminta untuk dijarkan bagi mereka
yang mengambil studi PAI, namun karena keterbatasan orangnya dari PAI hanya 2
orang 1 orang mengajar PAI di SMPN-1 dan satunya SMAN-1 dan kekurangannya saya
yang memenuhi sebagai tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa secara individu
membawa nama almamater STAIN Palanga Raya dan ketua kelompok serta karena saya juga telah dibekali mata kuliah
bahasa arab A, B, C, D, E, dan F serta Mata kuliah PAI berupa Fiqih, Masailul
Fiqh, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits, PMQ dan PPI.
Selain mengajar saya
juga memberikan dan menawarkan kursus biologi, kursus bahasa arab dan kursus
komputer sepuasnya sampai bisa. Hal ini untuk memberikan dan menyumbangkan ilmu
yang telah saya dapatkan dari bangku perkuliahan. Kegiatan lainnyapun saya
lakukan yaitu pembinaan mental dan watak melalui pembinaan kepramukaan dan
lembaga yang m,enjadi fokus pembinaan yaitu SMA-Muhammadiyahdan SMPN-1 Katingan
Tengah Desa Samba danum dan berbagai kegiatan sosial lainnya.
b. Dampak Perubahan
Dampak perubahan setelah
beberapa kali berpartisipasi mengajar biologi di SMA-Muhammadiyah yaitu
siswanya yang tadinya belum terlalu banyak mengenal tentang pelajaran biologi
terutama kegiatan praktikum, maka saya mencoba mengedepankan teori lalu
praktikum yang kegiatan ini ternyata memiliki nilai positif dapat meningkatkan
hasil belajar, hal ini terbukti karena telah saya lakukan beberapa evaluasi
siswa. Walaupan disekolahan tersebut sudah ada dua guru biologi tetapi kegiatan
praktikum belum pernah dilakukan karena kesibukan guru yang banyak job
mengajar. Tapi saya berupaya untuk mengajar dan terus memotivasi adik-adik
didik saya selalu agar mereka lebih baik dan maju dari saya. Begitupun dengan
mata pelajaran Bahasa Arab yang saya ajarkandi SMA Muhammadiyah dan PAI di
SMAN-1 Katingan Tengah desa Samba Danum. Dampak perubahan yang muncul dari
pengajaran Biologi, adik didik saya sudah mampu menggunakan mikroskop dan
melakukan praktikum serta laporan dan lebih kritis pemikirannya. Dalam
pengajaran Bahasa Arab mereka mulai mampu berbahasa Arab, misalnya saya= ana,
kamu=anta/ anti, , berhitung dengan bahasa arab dan seterusnya. Dan dalam
pengajaran PAI, mereka yang belum bisa membaca Al-Qur’an menjadi bisa, tahu tajwid
dan pemahaman tentang Agama Islam lebih meningkat karena saya lakukan dialog
tanya jawab sesudah menjelaskan materi.
c. Dukungan Masyarakat
Dari beberapa
kegiatan yang saya laksanakan sesuai tugas yang disepakati kelompok di desa
Samba Danum ini, memperlihatkan respon dan penerimaan yang sangat positif,
terlihat mereka sangat serius, inovatif dan kreatif pada saat saya memberikan
beberapa materi Biologi, bahasa Arab maupun PAI. Bahkan beberapa anak-anak
datang ke sekretariat KKN untuk belajar Biologi, Bahasa Arab dan PAI dan
pelajaran yang lain. Walaupun dalam kondisi malam hari mereka tetap semangat
untuk belajar ke sekretariat KKN untuk belajar, tetapi tetap menjaga waktu yang
telah dibatasi jangan sampai terlalu melewati batas waktu terlalu malam. Sehingga
setiap hari sekretariat selalu penuh dan di datangi oleh adik-adik saya untuk
belajar.
d. Kemampuan Berkomunikasi Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat
Sebagai seorang
mahasiswa tentu saja saya harus mampu berkomunikasi apalagi saya di percaya
oleh teman-teman menjadi kelompok jadi kemampuan berkomunikasi dan mencari
simpatik masyarakat harus benar-benar bisa dengan baik dengan anggota
masyarakat, karena dengan berkomunikasi yang baik maka masyarakat dapat menjadi
patner bagi saya. Hal ini sangat penting
dalam pelaksanaan tugas kesehariannya yaitu dalam melaksanakan program dengan
berkoordinasi dengan berbagi lapisan masyarakat, mengeluarkan pendapat,
berdiskusi dan lainnya. Saya menilai kemampuan komunikasi saya sebagai seorang
mahasiswa cukup memadai, hanya saja saya merasa kurang karena kurang mampunya
saya berbahasa Dayak, tetapi karena saya mampu berbahasa Banjar dan masyarakatpun mengerti baik bahasa
Banjar maupun Bahasa Indonesia sehingga tidak menjadi problem yang begitu
signifikan. Bahasa Indonesia, dengan demikian saya dapat bersosialisasi dengan
masyarakat dengan baik dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan saya
dapat beradaptasi dengan lingkungan masyarakat setempat. Sehingga kehadiran
saya dapat diterima oleh masyarakat Samba Danum.
e. Kerjasama Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat
Kerjasama
antara saya dengan warga masyarakat tidaklah banyak mengalami kesulitan,
karenakan
B. PRORAM KHUSUS
1. Pembinaan Kehidupan Beragama
2. Pembinaan Komunikasi dan Kehidupan Antar Umat Beragama
3. Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan dari perkuliahan
karena KKN masuk kedalam mata kuliah yang
dilaksakan di luar Kampus sebagai salah satu wujud dari pelaksanaan Tri Dharma
Perguruan Tinggi, yakni pengabdian
kepada masyarakat sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang
Sistem Pendidikan Nasional pasal 20 ayat 2 yang menyebutkan “Pendidikan Tinggi
berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada
masyarakat”.
Perguruan tinggi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangka Raya
mempunyai Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang di khususkan kepada mahasiswa
yang sudah mencapai jumlah SKS (Sistem Kredit Semester) yang telah di tentukan
dan berada di semester 7.
Dalam mencapai dan merealisasikan falsafah pendidikan di Indonesia yang
berdasarkan pancasila dan UUD 1945 serta UU Perguruan Tinggi Tahun 1961 dalam
rangka pelaksanaan Tri dharma Perguruan
Tinggi dengan melaksanakan
kegiatan-kegiatan yang harus di lakukan oleh Mahasiswa yang memanfaatkan
sebagian waktu belajarnya dengan keluar dari ruang kuliah, keluar dari
perpustakaan, keluar dari kampusnya untuk bekerja di lapangan mengabdi kepada
Masyarakat.
Dalam Kegiatan KKN mendorong dan menganjurkan setiap mahasiswa untuk
bekerja di desa dalam jangka waktu yang telah tertentu, untuk tinggal dan
bekerja membantu masyarakat pedesaaan menyelesaikan persoalan pembangunan di
masyarakat dan menjadi partner yang baik untuk Masyarakat sebagai muatan yang
menjadi sebagian dari kurikulumnya.
Negara Indonesia memiliki cakupan daerah yang cukup luas, dan sebagian besar terletak
di wilayah pedesaan. Umumnya, keadaan desa tidaklah sama dengan keadaan di
perkotaan khususnya dalam hal peradapan masyarakat. Begitu pula halnya dalam
kualitas SDM. Melihat hal demikian, eksistensi Mahasiswa KKN di masyarakat
pedesaan haruslah benar-benar optimal, menjadikan Masyarakat mejadi Partner dan
tempat belajar untuk bekal hidup sebelum terjun di tengah-tengah bermasyarakat .
Misi utama Mahasiswa KKN adalah mengajak
masyarakat yang berimataq dan berilmu pengetahuan.
Taraf hidup masyarakat desa sebagian masih sangat sederhana, juga adanya
sikap mental yang dipengaruhu nilai-nilai sosoial budaya yang dapat menghambat
proses pembaruan dan pembangunan. Di sisi lain lapanngan pekerjaan di desa
sangat terbatassehingga terdapat gejala-gejala pengangguran dan setengah
pengangguran. Hal itu dikarenakan sangat terbatasnya lapangan pekerjaan yang
sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa, sehingga banyak tenaga kerja yang
pergi ke daerah lain untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini akan menghambat
kelancaran pembangunan terutama di daerah pedesaan.
Begitu pula dengan masyarakat yang berdomosili di Desa Samba Danum
Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan. Kehidupan mereka sederhana,
menyesuaikan dengan lapangan kerja yang ada di sekitarnya. Sebagian besar bemata
pencaharian sebagai Pedagang, PNS, serta berkebun karet dan rotan. Adapun
kondisi mental dan agama masyarakat cukup agamis, sekalipun masih memerlukan
bimbingan. Karena itulah, sudah sepatutnyalah Kita sebagai kalangan Akademis untuk
berpartisipasi langsung dalam masyarakat, guna membantu dalam terlaksananya
pembangunan masyarakat desa.
Melalui Kuliah Kerja Nyata yang telah kami laksanakan di desa Samba
Danum kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan, Kami laporkan hasil
kegiatan selama 2 bulan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata(KKN) di desa
Samba Danum, sebagai bukti pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), untuk
bahan kajian secara ilmiah dan evaluasi untuk kepentingan Akademik baik bagi
Mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan bagian dari
mata kuliah yang berupa pengabdian kepada Masyarakat seperti bunyi salah satu Tri
Dharma Perguruan Tinggi maupun Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (BP-KKN) dan
menjadi suatu bukti yang konkrit bagi masyarakat kedepan agar lebih maju
setelah sepeninggalan dari Kami.
B. Tujuan
Penulisan
Adapun
tujuan Penulisan dari Laporan Kelompok ini adalah sebagai berikut:
- Sebagai bukti pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata selama 2 bulan lamanya di desa Samba danum dimana kami di terjunkan.
- Sebagia bahan seminar Kelompok VIII Mahasiswa KKN STAIN Palangka Raya angkatan XXIII tahun 2010
- Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kewajiban melaksanakan pembangunan, baik yang bersifat fisik/material maupun spiritual.
- Sebagai bahan evaluasi dan bahan pembelajaran serta bekal yang sangat berharga bagi mahasiswa untuk bekal kelak terjun di tengah-tengah masyarakat
- Sebagai bahan masukan bagi masyarakat dalam mengatasi dan menyelesaikan problematika yang mereka hadapi.
BAB II
GAMBARAN UMUM DESA
A. GEOGRAFI
DESA
PROFIL DESA SAMBA DANUM
Desa
Samba Danum adalah Desa yang berada di
Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah. Luas wilayah 450.000 hektar/ KM3 dengan meliputi; lahan pertanaian 50 hektar,
hutan 19.800 hektar, Perairan/ rawa 50 hektar, Pemukiman 250.000 hektar, lain-lain 50 hektar. Luas lahan pertanian , meliputi 0 hektar Sawah, Lahan Kering 80 hektar dengan
sistem irigasi tadah hujan 20 hektar, irigasi teknis 0 hektar,dan Irigasi pompa
0 hektar.
Desa
samba Danum memiliki batas wilayah, meliputi;
·
Sebelah
Utara berbatasan dengan Kelurahan Samba Kahayan
·
Sebelah
Selatan berbatasan dengan Kali Katingan
·
Sebelah
Timur berbatasan dengan Kali Katingan
·
Sebelah
Barat berbatasan dengan Desa Mirah
Kalanaman
Desa Samba Danum adalah desa yang di pimpin
oleh seorang Kepala desa yang bernama Bapak Utui Tatang Sontani. Dengan desa
terdiri dari 10 RT . Desa Samba Danum bias di katakan sebagai desa yang kaya
karena hamper seluruh penduduknya berprofesi sebagai pedagang dan memilki jiwa
bisnis yang tinggi.
Berbagai fasislitas hampir semua
ada baik jalur darat maupun jalur air karena Desa Samba Danum merupakan Desa
dan sekaligus Kecamatan Katingan. Alat
transpotasi utama adalah transportasi darat (Sepeda Motor, Mobil Travel, Klotok
Mesin Motor, dan verry penyebrangan )
B. DEMOGRAFI DESA
1.
Jumlah
Penduduk
Desa
Samba Danum mempunyai Jumlah Penduduk
berkisar 3.960 orang, meliputi Laki-laki 1.937 Orang dan 2.023 Orang perempuan,
dengan perbandingan Usia penduduk; Balita 427 orang, Bersekolah 1.712 Orang, Produktif
1. 721 Orang dan Lansia 100 Orang. Jumlah
Penduduk yang beragama Islam
berjumalah 50 %, Beragama Kristen 49 % dan 1 % beragama Hindhu Kaharingan.
2.
Sektor
Pendidikan
a.
TK/ TPA
Di
desa Samba Danum TK/ TPA berjumlah 7 buah, yaitu; TK/ TPA Al-Mushlikhun, TK/
TPA Masjid Mujahidin, TK/ TPA Masjid NOOR, TK/ TPA Masjid Tewang, TK Aisyiah, TK
Tunas Kelapa, dan TK Kristen. Jumlah Guru Pengajar keseluruhan sebanyak 22
Orang dan jumlah Murid keseluruhan sebanyak 225
Orang.
b.
SD
Di
desa Samba Danum Sekolah Dasar berjumlah 5 buah, yaitu; SDN-1, SDN-2, SDN-3, SDN-4,
dan SDN- Kristen. Jumlah Guru Pengajar
keseluruhan sebanyak 59 Orang (PNS dan non PNS) dan jumlah murid keseluruhan sebanyak 856 Orang.
c.
SLTP/
Sederajat
Di
desa Samba Danum Sekolah Menengah Pertama berjumlah 3 buah, yaitu; SMP-1,
SMP-Muhammadiyah, SMP- Kristen. Jumlah Guru Pengajar keseluruhan sebanyak 32
Orang (PNS dan non PNS) dan jumlah murid
keseluruhan sebanyak 710 Orang.
d.
SMA/
Sederajat
Di
desa Samba Danum Sekolah Dasar berjumlah 3 buah, yaitu; SMAN-1,
SMA-Muhammadiyah , SMA- Kristen. Jumlah Guru Pengajar keseluruhan sebanyak 40 Orang (PNS dan non PNS) dan jumlah murid keseluruhan sebanysak 918 Orang.
3.
Mata
Pencaharian Penduduk
Adapun
mata pencaharian penduduk warga desa Samba Danum yang mayoritas yaitu di bidang
perdagangan, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Bidang Perkebunan, Pertambangan dan Wiraswasta,
sedangkan mata pencaharian yang minoritas adalah dibidang Pertanian dan Buruh.
1)
Pedagang
Warga
desa Samba Danum hampir rata-rata berjiwa bisnis dalam pedagang. Hal ini terlihat
dalam kegiatan sehari-hari di komplek pasar desa Samba Danum yang berdekatan dengan desa Samba Kahayan dan
menjadi satu komplek pasar. Desa Samba Danum bisa dikatakan sebagi pusat
perbelanjaan dan transaksi jual beli untuk kegiatan memenuhi keperluan dapur
dll dan Komplek pasar ini terletak di RT.01 dan menderet sampai RT.02
.Keberadaan pedagang ini dibuktikan dengan adanya kios/ warung, toko-toko dan pasar sembako
pasar tradisional.
2)
Pegawai
Negeri Sipil (PNS)
Desa Samba Danum karena teletak
di Kecamatan Ketingan Tengah pusat
dimana segala urusan lengkap ada disini, sehingga berbagai Dinas ada. Maka
banyak yang berprofesi sebagai pegawai negeri Sipil, yaitu berjumlah 121 Orang
PNS yang yaitu meliputi ; Dinas guru, Dinas Pendidikan, Dinas Pegawai Kecamatan,
Dinas desa, Dinas KUA, Dinas Kehutanan, Dinas kesehatan Dinas Kepolisian, dan
Dinas TNI.
3)
Bidang
Perkebunan
Didesa
Samba Danum di bidang perkebunan yang lebih di kembangkan yaitu perkebunan
sawit, perkebunan rotan dan perkebunan karet. Perkebunan sawit sangat cerah
baik dari segi penghasilan dan pemasaran, tetapi perkebunan sawit yang berada
di desa Samba Danum telah banyak yang di jual ke perusahaan dan dipatenkan hak
kepemilikannya, hanya beberapa warga saja masih memiliki perkebunan sawit
itupun hanya Orang–orang tertentu saja
yang dianggap mampu.
Perkebunan rotan di desa Samba Danum mulai lebih diperhatikan dan mulai di pelihara
dengan baik serta mulai di kembangkan secara besar-besaran. Karena rotan
memilki nilai produktifitas dan nilai jual baik yang masih bersifat impor
keluar daerah atau Negara maupun produktifitas yang sudah menjadi kerajinan
yang telah menjadi barang jadi, misal kursi rotan, tikar rotan dll.
Sedangkan perkebunan karet di
desa Samba Danum masih baru mulai di kembangkan dan masih mulai penanaman
melalui bentuk bantuan hargi bibit dijual separu harga bahkan ada yang di beri
bantuan secara cuma- cuma dari Kabupaten
atau Provinsi.Karena pengalakan penanaman karet ini di lakukan dengan melihat pemasaran yang cerah dan meduduki level pasar
dunia.
4)
Bidang
Pertambangan
Dalam bidang pertambangan didesa
Samba Danum banyak warga masyarakatnya yang
berprofesi di pertambangan atau yang lebih dikenal olah warga masyarakat dengan
istilah menyedot. Baik yang bapak-bapak maupun pemudanya banyak yang bekerja di
bidang ini. Selain hasil yang menjanjikan, profesi ini banyak merekrut tenaga
kerja. Walau hasilnya tidak pasti, tetapi mereka lebih memilih pekerjaan ini
karena sudah menjadi bagian dari
kehidupan warga masyarakat desa
Samba Danum. Dalam Pemasaran dan penjualan hasil tambang mas ini tidak
mengalami kesulitan bahkan pasar sangat cerah dan memilki nilai yang tinggi
bagi menyokong kehidupan masyarakat desa Samb Danum. Hal ini karena adanya
kerja sama dengan PT. KBK (Kasongan Bumi Kencana). Tempat yang menjadi
fokus masyarakat bekerja menyedot atau
menambang yaitu berada di daerah desa Mirah Kalanaman.
5)
Bidang
Wiraswasta
Warga desa
Samba Danum yang berprofesi dalam bidang Wiraswasta yaitu meliputi; 4 moulding,
3 kerajinan ukiran/ mebel, dan 1 BMT Masjid Syuhada.
6)
Bidang
Pertanian
Dalam
bidang pertanian masyarakat warga desa
Samba Danum lebih mengembangkan pertanian Padi, pertanian jagung dan pertanian singkong. Dalam pertahun
Jumlah produktifitas Padi yang di hasilkan sebanyak 100 ton, jagung 10 ton dan singkong 100 ton.
7)
Bidang
Buruh
Di bidang
buruh warga Masyarakat desa Samba Danum yang berprofesi sebagai buruh kebanyakan
mereka dari RT 07 – RT.10 . Warga masyarakat bekerja sebagi buruh menjadi
karyawan PT. KDP sebagai buruh dalam pembibitan tanaman kelapa sawit,
penanaman, perawatan, pemanenan, pengangkutan dan sampai ke penjualan.
4.
Agama dan
Kepercayaan
a. Agama
Masyarakat desa Samba danum mayoritas menganut agama Islam berjumlah 50 , sedangkan beragama Kristen 49 % dan 1 %
beragama Hindhu Kaharingan.
b.
Kegiatan
Keagamaan
Kegiatan Kehidupan beragama di desa Samba Danum tergolong cukup agamis, terbukti
dengan adanya kegiatan-kegiatan rutin
keagamaan di desa ini. Selain itu juga adanya pendidikan dan pembinaan
anak-anak dan remaja melalui pendidkan TK/
TPA dan pembinaan remaja menjadi Pengajar pendidik dan Pembina untuk
anak-anak di desa Samba danum. Kegiatan lain juga seperti sholawatan/ habsyi, Yasinan
Ibu-ibu, yasinan bapak di masjid NOOR yang di laksanakan sehabis ba’da magrib
dan ba’da shalat jum’at, dan masjid Syuhada hanya ba’da Magrib malam jum’at.
Dalam kegiatan keagamaan seperti PHBI
masyarakat desa Samba danum sangat antusias bahkan mereka tidak jarang
mendatangkan penceramah dari luar kota dan daerah. Hak ini mereka lakukan tidak
lain dan tidak bukan untuk meningkatkan kualitas masyarakat yang berimtaq.
c.
Tempat
Ibadah
Adapun tempat ibadah di desa Samba
danum berjumlah 8 buah, yaitu 3 Mesjid meliputi; masjid Syuhada, masjid
Mujahidin, masjid NOOR, 3 Mushola meliputi mushola al-ikhlas, mushola
al-muhajirin dan mushola tewang, 1 gereja Kapakat dan 1 vihara hindhu
kaharingan.
5.
Sektor
Kesehatan
Bidang kesehatan di desa Samba Danum
sudah ada Puskesmas yang memilki ruang perawatan untuk perawatan inap dan
gedung/ aula pukesmas yang memadai.
STRUKTUR
APARAT DESA SAMBA DANUM
KECAMATAN
KATINGAN TENGAH
KABUPATEN
KATINGAN
BAB III
PROGRAM DAN PELAKSANAAN
A.
Program
1.
Program Khusus
a.
Pembinaan Kehidupan dan Komunikasi Umat Beragama
1).
Pembersihan Tempat dan Lingkungan
Ibadah.
2).
Pengkaderan Imam. Bilal dan Khatib.
3).
Pengkaderan Penyelenggaraan Fardhu
kifayah (Jenazah).
4).
Imam Tarawih.
5).
Tadarus Al-Qur’an.
6).
Buka Puasa Bersama.
7).
Safari Ramadhan.
8).
Pesantren Ramadhan.
9).
Pelatihan MC, Pidato dan Ceramah.
10).
Bazaar Pasar Murah Ramadhan.
b.
Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan
1).
Mendirikan TK/TP Al-Qur’an di Masjid Noor.
2).
Berpartisipasi Mengajar TK/TP Al-Qur’an di Masjid Noor.
3).
Berpartisipasi Mengajar di SMPN-1 Samba Danum Katingan Tengah.
4).
Berpartisipasi Mengajar di SMP-Muhammadiyah Samba Danum Katingan Tengah.
5).
Berpartisipasi Mengajar di SMA-Muhammadiyah Samba Danum Katingan Tengah.
6).
Berpartisipasi Mengajar di SMAN-1 Samba Danum Katingan Tengah.
7). Membina Pramuka di SMPN-1 Katingan Tengah.
8).
Membina Pramuka di SMA-Muhammadiyah
Katingan Tengah.
9). Lomba Adzan Sekaligus Iqomat.
10). Lomba
Gerakan dan bacaan Shalat Berjamaah.
11). Lomba
Hafalan Surah-Surah Pendek.
12). Lomba
Busana Muslim tingkat Anak-Anak (TK/TPA).
13). Kursus
Bahasa Inggris.
14). Kursus
Biologi.
15). Kursus
Bahasa Arab.
16). Kursus
Praktek PAI.
17). Kursus
Komputer.
2.
Program Umum
a.
Pembinaan Generasi Muda
1). Pelatihan Keterampilan Pembuatan Spanduk.
2).
Dialog Tentang Bahaya Hubungan Di Luar
Nikah.
3).
Berpartisipasi Dalam Pelaksanaan Kegiatan HUT RI ke-65 Kecamatan Katingan
Tengah.
4).
Melatih Olahraga Basket.
5).
Melatih Olahraga Volley Ball.
b.
Kependudukan Lingkungan dan Kesehatan
1).
Gotong Royong Pembersihan Lingkungan.
2).
Membuat dan Memasang Plat Nomor Rumah
Warga.
3).
Pembuatan dan Pemasangan Plang Masjid
4).
Lomba Jalan Santai Dalam Memeriahkan HUT RI ke-65 Kecamatan Katingan Tengah.
c.
Peningkatan Peranan Wanita
1). Berpartisipasi Dalam Kegiatan PKK.
2). Dialog Tentang Peranan Seorang Wanita.
d.
Kepemerintahan
1).
Berpartisipasi dan Siap Membantu Administrasi di Desa Samba Danum.
2).
Berpartisipasi dan Siap Membantu di Kecamatan Katingan Tengah.
B.
Pelaksanaan Program
1.
Pelaksanaan Program Khusus
Adapun pelaksanaan program khusus yang
terealisasi dalam dua bulan masa KKN, dapat dilihat pada schedule time berikut ini:
No.
|
Program
Kegiatan
|
Bulan
I
|
Bulan
II
|
Keterangan
|
|||||||
Minggu
Ke
|
Minggu
Ke
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A.
|
Pembinaan Kehidupan dan Komunikasi
Umat Beragama
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1).Pembersihan
Tempat dan Lingkungan Ibadah.
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal
10,16,23,28,30 juli 2010, 5,6,9,12,13,14,15, agustus 2010
|
|
2).
Pengkaderan Imam. Bilal dan Khatib.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal
12,13,14,15 agustus 2010
|
|
3).
Pengkaderan Penyelenggaraan Fardhu kifayah (Jenazah).
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal
12,13,14,15 agustus 2010
|
|
4).
Imam Tarawih.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Di laksanakan pada tanggal 10
agustus-1 september 2010
|
|
5).
Tadarus Al-Qur’an.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Di laksanakan pada tanggal 10
agustus-1 september 2010
|
|
6).
Buka Puasa Bersama.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
Di laksanakan pada tanggal 10
agustus-1 september 2010
|
|
7).
Safari Ramadhan.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 21
agustus 2010
|
|
8).Pesantren
Ramadhan.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 11-15
agustus 2010
|
|
9).Pelatihan
MC, Pidato dan Ceramah
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 13-14
agustus 2010
|
|
10).Bazaar
Pasar Murah Ramadhan.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
Di laksanakan pada tanggal 30
agustus 2010
|
B.
|
Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1).Mendirikan
TK/TP Al-Qur’an di Masjid Noor.
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 16
juli 2010
|
|
2).Berpartisipasi
Mengajar TK/TP Al-Qur’an di Masjid Noor.
|
-
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
Di laksanakan pada
19 juli-27 agustus 2010 (setiap hari jum’at libur)
|
|
3).Berpartisipasi
Mengajar di SMPN-1 Samba Danum Katingan Tengah.
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 12
juli-15 agustus 2010
|
|
4).Berpartisipasi
Mengajar di SMP Muhammadiyah Samba Danum Katingan Tengah.
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 15
juli-14 agustus 2010
|
|
5).Berpartisipasi
Mengajar di SMA Muhammadiyah Samba Danum Katingan Tengah.
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 15
juli-14 agustus 2010
|
|
6).Berpartisipasi
Mengajar di SMAN-1 Samba Danum Katingan Tengah.
|
-
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 19
juli-12 agustus 2010
|
|
7).Membina Pramuka di
SMPN-1 Katingan Tengah.
|
-
|
-
|
-
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 30
juli dan 6 agustus 2010
|
|
8).Membina
Pramuka di SMA Muhammadiyah Katingan Tengah.
|
-
|
-
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 24 dan
31 juli, dan 7 agustus 2010
|
|
9).Lomba Adzan
Sekaligus Iqomat.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 24-27
agustus 2010
|
|
10).Lomba Gerakan
Shalat Berjamaah.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 24-27
agustus 2010
|
|
11).Lomba
Hafalan Surah-Surah Pendek.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 24-27
agustus 2010
|
|
12).Lomba Busana
Muslim tingkat Anak-Anak (TK/TPA).
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 24-27
agustus 2010
|
|
13).Kursus Bahasa
Inggris.
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal
12,16,18,19,23,25,26,30 juli dan 1,2,6,8,9, agustus 2010
|
|
14). Kursus Biologi.
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal
13,15,18,20,22,25,27,29, juli dan 1,3,5,8,10,12,agustus 2010
|
|
15). Kursus Bahasa
Arab.
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pad tanggal 18,25,
juli dan 1,8, agustus 2010
|
|
16). Kursus Praktek
PAI.
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal
12,13,14,19,20,21,26,27,28, juli dan 2,3,4,9,10,11 agustus 2010
|
|
17). Kursus Komputer.
|
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 21,
28 juli dan 4, 11 agustus 2010
|
2. Pelaksanaan Program Umum
Adapun pelaksanaan
program umum yang terealisasi dalam dua bulan masa KKN, dapat dilihat pada
schedule time berikut ini:
No.
|
Program
Kegiatan
|
Bulan
I
|
Bulan
II
|
Keterangan
|
|||||||
Minggu
Ke
|
Minggu
Ke
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
A.
|
Pembinaan
Generasi Muda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1).Pelatihan
Keterampilan Pembuatan Spanduk.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 29
agustus 2010
|
|
2).
Dialog Tentang Bahaya Hubungan Di Luar Nikah.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
√
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 14 dan
27 agustus 2010
|
|
3).
Berpartisipasi Dalam Pelaksanaan Kegiatan HUT RI ke-65 Kecamatan Katingan
Tengah.
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 12
juli sampai 17 agustus 2010
|
|
4).
Melatih Olahraga Basket.
|
-
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 13,
14, 15, 18, 19, 20, 21, 25, 26, 27, 28 juli sampai 1, 2, 3, 4, 8, 9, 10, 11
agustus 2010
|
|
5).
Melatih Olahraga Volly Ball.
|
-
|
-
|
-
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 29
juli sampai 6 agustus 2010
|
B.
|
Kependudukan
Lingkungan dan Kesehatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1).
Gotong Royong Pembersihan Lingkungan.
|
√
|
√
|
-
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 10,
18, 28 juli dan 5, 7, 8 agustus 2010
|
|
2).
Membuat dan Memasang Plat Nomor Rumah Warga.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
√
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 20
sampai 25 agustus 2010
|
|
3).
Pembuatan dan Pemasangan Plang Masjid
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
√
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 20,
27,28 agustus 2010
|
|
4).
Lomba Jalan Santai Dalam Memeriahkan HUT RI ke-65 Kecamatan Katingan Tengah.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 22
agustus 2010
|
C.
|
Peningkatan Peranan Wanita
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1).
Berpartisipasi Dalam Kegiatan PKK.
|
√
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 7 dan
16 juli 2010
|
|
2).Dialog
Tentang Peranan Seorang Wanita.
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
√
|
-
|
√
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 14 dan
27 agustus 2010
|
D.
|
Kepemerintahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1).Berpartisipasi
dan Siap Membantu Administrasi di Desa Samba Danum.
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 6 juli
2010
|
|
2).Berpartisipasi
dan Siap Membantu di Kecamatan Katingan Tengah.
|
-
|
-
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Di laksanakan pada tanggal 21
juli 2010
|
C.
Evaluasi Pelaksanaan Program
Dalam pelaksanaan
kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Samba Danum kecamatan Katingan Tengah
Kabupaten Katingan, Alhamdulillah semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik, hanya
ada beberapa yang terlaksana tetapi kurang maksimal, yaitu program;
1. Membuat dan memasang plat nomor
Dalam Membuat plat nomor sudah selesai terbuat
tetapi tidak sempat memasang karena waktu mepet mau pulang ke palangka raya
karena habis masa KKN di desa Samba Danum. Mepetnya waktu karena bahan untuk
membuat plat datang ketika minggu terkhir masa KKN di desa Samba Danum. Padahal
sudah di jadwalkan kegiatan membuat dan memasang Plat rumah pada awal Juli,
tetapi bahan datang di akhir masa KKN yaitu minggu terakir Agustus
2. Berpartisipasi dalam Kegiatan PKK
Dalam ikut berpartisipasi dalam kegiatn
PKK kegiatn ini terlaksana tapi tidak
optimal, selain Karena benturan waktu mengajar dan jauhnya jarak kegaiatn
ibu-ibu PKK.
3. Kursus Bahasa Arab dan kursus Komputer
Dalam pelaksanaan kegiatn kursus
Bahasa Arab dan kursus Komputer dapat terlaksana tetapi kurang maksimal karena sewaktu pelaksanaan kegiatan, waktunya
sering berbenturan dengan kegiatan lain yang bersifat pesanan dari
masyaraakat, sehingga pelaksanaanya yang seharusnya 3 jam menjadi 1 jam karena
ada kegiatan lain.
4.Berpartisipasi
dan siap membantu Administrasi di desa Samba Danum
Dalam berpartisipasi dan
membantu administrasi di desa Samba Danum masih kurang maksimal. Sebagai contoh
kemaren dimintai tolong dari Kepala desa Samba Danum untuk melakukan Sensus penduduk
Samba Danum. Tidak dapat di laksanakan berhubung waktu sensus tidak mencukupi
karena kami di mintai tolong sudah minggu terakhir masa KKN habis di desa Samba
Danum tepatnya akhir Agustus.
D.
Kendala dan Solusi
1.
Kendala-kendala
Adapun kendala-kendala yang kami
hadapi dalam melaksanakan program kegiatan KKN, diantaranya adalah:
1).
Banyak kegiatan yang diprogramkan, tetapi kesulitan dalam hal dana untuk pelaksanaan
kegiatan. Kami berusaha memasukan proposal ke dinas pemerintahan tetapi tidak
di izini oleh pihak BP-KKN akhirnya tidak jadi memasukkan proposal. Sedangkan
yang sudah terlanjur masuk di kabupaten Katingan ada jawaban setelah kami mau
pulang ke palangka raya tetapi tidak
dapat bantuan.
2).
Minimnya arahan dan motivasi lapangan yang dilakukan oleh BP-KKN terhadap
mahasiswa. Hal ini menyebabakan mahasiswa berupaya melaksanakan kegiatan
semampu Kami.
3).
Kurangnya pengetahuan dan wawasan mahasiswa KKN terkhususnya bidang Agama
dan Organisasi .
4).
Mayoritas masyarakat bekerja sebagai buruh sawit, bekerja di bidang
pertambangan dan karet. Dan kebiasaannya masyarakat tersebut menginap di tempat
dimana bekerja.
2.
Solusi (penyelesaian masalah)
Untuk mengatasi beberapa masalah atau
kendala tersebut, maka dilakukan hal-hal sebagai berikut:
1).
Berusaha berkoordinasi dengan pihak yang terkait menyesuaikan kegiatan yang
akan Kami laksanakan, Alhamdulillah
selalu mendapat respon yang baik dan mendapat bantuan dana. Dana yang sudah di
dapat, Kami maksimalkan dengan melaksanakan 1 program kegiatan tetapi di
dalamnya berbagai program kegiatan.
2).
Adanya motivasi dan arahan yang penuh dari BP-KKN kepada mahasiswa (i) KKN
ketika mengunjungi, agar Mahasiswa (i) KKN lebih semangat dalam melaksanakan
kegiatan dan lebih terarah kemana kegiatan harus dilaksanakan
3).
Bagi pihak STAIN untuk lebih meningkatkan praktek pengamalan ibadah kepada
mahasiswa (i) STAIN Palangka Raya dan agama, hal tersebut sangat penting sekali
ketika para mahasiswa (i) KKN terjun langsung ke lapangan atau ketengah-tengah
masyarakat. Sedangkan berorganisasi adalah modal yang penting atau tempat belajar administrasi berpemerintahan,
berkomunikasi dan melaksanakan suatu kegiatan yang akan mempermudah Mahasiswa (i)
dalam melaksanakan suatu kegiatan dalam masyarakat.
4).
Pembinaan masyarakat dan pengkaderan keagamaan lebih banyak terarah ke lembaga
pendidikan yaitu sekolah-sekolah.
BAB
IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata
(KKN) STAIN Palangka Raya angkatan ke-XXIII kelompok VIII di Desa Samba Danum Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten
Katingan selama kurang lebih 2 (dua) bulan, banyak sekali pengalaman dan
pengetahuan baru yang diperoleh. Dimana semua itu kami harapkan bermanfaat bagi
kami khususnya serta kita semua pada umumnya, dan untuk menjadi bekal dalam kehidupan di masa yang akan datang
dalam lingkup bermasyarakat dan sesungguhnya.
Adapun beberapa kesimpulan selama KKN, antara
lain:
1. Masyarakat
Desa Samba Danum sangat antusias dalam kegiatan-kegiatan Mahasiswa KKN Angkatan
ke-XXIII, meskipun adakalanya masyarakat sibuk di tempat mereka bekerja sehingga
dari beberapa program yang kami laksanakan 95% terlaksana.
2. Hidup
di tengah-tengah masyarakat yang sudah cukup taraf pendidikannya membuat kita
merasakan betapa pentingnya sebuah ilmu pengetahuan dan apa yang sudah kita di
timba selama ini masih kurang.
3. Segala
kendala secara teknis maupun non teknis
dan keterbatasan sarana dan prasarana tidak menjadikan sebuah kendalana melaksanakan
berbagai program kami, hanya saja materi
yang tidak dapat kami tanggulangi. Hal ini juga dapat di atasi dengan kami melakukan koordinasi dan kerjasama dengan baik
antar mahasiswa KKN dengan Masyarakat setempat dan tokoh-tokoh terkemuka.
B.
Saran-saran
1. Kinerja BP-KKN diharapkan lebih terfokus
akan tanggung-jawabnya sesuai dengan tugas dan fungsinya.
2. Diharapkan bagi pihak STAIN untuk meningkatkan
mutu kualitas Mahasiswa terutama pada bidang PPI, PM dan mengarahkan
Mahasiswa untuk berkecimpung di Organisasi Kemahasiswaan baik intra maupun
ekstra Kampus yang ternyata sangat bermanfaat di masyarakat.
3. Hendaknya warga Desa Samba Danum lebih
meningkatkan Mutu Pendidikan dengan berbagai kajian baik melalui kegiatan Keagamaan keislaman maupun di
lembaga Pendidikan Sekolah .
4. Menjaga Lingkungan dengan baik agar
tidak terjadi banjir lagi dan selalu
meningkatkan sanitasi untuk mencapai masyarakat yang seha, cerdas dan berimtaq.
5. Dan bagi Tokoh agama alim Ulama hendaknya
saling bekerja sama dan jangan saling menonjolkan kemajuan masing-masing tapi
saling lebih megutamakan kebersamaan, persaudaraan untuk memajukan agama Allah
islam di muka bumi ini.
6. Rasa Solidaritas antara sesama warga
masyarakat Desa Samba Danum hendaknya terus dijalin, karena rasa kebersamaan dapat
mewujudkan masyarakat yang madani.
7. Hendaknya warga masyarakat Desa Samba
Danum agar berpikir bahwa pendidikan
sangat penting, sehingga anak-anak yang lulus SD atau SMP atau SMA jangan hanya
cukup sampai di situ dan diusahakan agar
dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi. Karena pendidikan sangat bermanfaat bagi masa
depan anak, kelurga, bangsa dan Negara.
8. Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang sangat
melimpah, khususnya di wilayah Kabupaten Katingan hendaknya diusahakan lebih
variatif dan kreatif, sehingga menghasilkan banyak keuntungan untuk bersama dan
jangan terlalui di eksploitasi besara-besaran karena akan berdampak habisnya
SDA yang ada terutama Pertambangan.
No comments :
Post a Comment