Lap. PM 2 dan KKN




LAPORAN

PRAKTIK MENGAJAR (PM) II
DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI  (MTsN) 2 PALANGKA RAYA






 



Disusun Oleh:

IMAM SUPIYAN
NIM. 0701140057


Pembimbing I

Dra. Hj. RODHATUL JENNAH, M.Pd
NIP. 19671003 199303 2 001

Pembimbing II

HERLIANI, S.Pd
NIP. 19691006 199402 2 001







SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
TAHUN 1431 H / 2010 M




HALAMAN PENGESAHAN



MAHASISWA PRAKTIK MENGAJAR (PM) II
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA
DI MTsN 2 PALANGKA RAYA
TAHUN 2010


NAMA                  :    IMAM SUPIYAN
NIM                       :    0701140057
PRODI                  :    TADRIS (PENDIDIKAN) BIOLOGI
JURUSAN            :    TARBIYAH


Kami menerangkan bahwa nama tersebut telah melaksanakan Praktik Mengajar (PM) II di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Palangka Raya sejak tanggal 07 Oktober 2010 sampai tanggal 26 November 2010.
                                       



Pembimbing I




Dra. Hj. RODHATUL JENNAH, M.Pd
NIP. 19671003 199303 2 001
Palangka Raya,      November 2010

Pembimbing II




HERLIANI, S.Pd
NIP. 19691006 199402 2 001


Mengetahui
Kepala MTsN 2 Palangka Raya,




Drs. MUHAMMAD IRSANI
NIP. 19640908 199402 1 001



   




KATA PENGANTAR


Dengan mengucapkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga penyusun sebagai Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangka Raya tahun 2010 dapat menyelesaikan tugasnya melaksanakan Praktek Mengajar (PM) II di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Palangka Raya sejak tanggal 07 Oktober sampai tanggal 26 November 2010 dan menyusun laporan sebagai bukti pelaksanaan kegiatan Praktik Mengajar (PM) II sebagaimana mestinya.
Dalam kesempatana ini tidak lupa pula penyusun mengucapkan terima kasih dan menghaturkan dengan hormat kepada semua pihak yang telah membantu, membimbing, berpartisipasi, bertanggungjawab dalam pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II di MTsN 2 Palangka Raya, kepada:
1.      Bapak Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag selaku ketua STAIN Palangka Raya.
2.      Bapak Ajahari, M. Ag selaku Ketua tim panitia PM II beserta stafnya
3.      Bapak Drs. Muhammad Irsani selaku Kepala MTsN 2 Palangka Raya
4.      Bapak John Syarif, S.Pd selaku Wakamad Kurikulum MTsN 2 Palangka Raya.
5.      Ibu Dra. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd selaku pembimbing I
6.      Ibu Herliani, S.Pd selaku pembimbing II
7.      Siswa-siswi kelas VIII B yang saya sayangi
8.      Text Box: iSerta semua dewan Guru di MTsN 2 Palangka Raya, yang telah membantu dan mendukung dalam mensukseskan pelaksanaan program Praktik Mengajar (PM) II tahun 2010.
Akhirnya mudah-mudahan penyusunan laporan ini ada manfaatnya dan menambah khazanah bagi penyusun serta pembacanya. Dan apabila dalam penyusunan laporan ini terdapat kekurangan dan kekeliruan, penyusun mengharapkan kritik dan saran yang membangun kearah yang lebih baik lagi. Sukses dan maju terus bagi kita semua. Semoga Allah SWT memberkati dan meridhai segala usaha kita semua. Amin ya Robbal ‘alamin.
Palangka Raya,      November 2010
Penyusun




IMAM SUPIYAN
NIM. 0701140057
 



 
 
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangka Raya adalah salah satu lembaga pendidikan yang memproduk tenaga-tenaga educator yang terampil, professional, serta mampu menjawab tantangan zaman dan memberikan alternative masalah pendidikan dan pengajaran.
Praktik Mengajar (PM) II merupakan mata kuliah yang berbentuk praktik dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan mata kuliah yang harus ditempuh Mahasiswa STAIN Palangka Raya dan merupakan kelanjutan dari praktik Mengajar (PM) I.
Praktik Mengajar (PM) II merupakan ajang bagi Mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh selama mengikuti kegiatan perkuliahan sehingga Mahasiswa tidak hanya memiliki teori-teori pembelajarna saja, akan tetapi mampu mengaktualisasikannya dalam kegiatan pembelajaran yang sesungguhnya.
Bagi mahasiswa memprogramkan mata kuliah Praktik Mengajar (PM) II, maka diharuskan telah lulus Praktik Mengajar (PM) I atau Micro Teaching yang berbobot 2 SKS. Praktik Mengajar (PM) I merupakan bagian integrasi dari Praktik Mengajar (PM) II. Praktik Mengajar (PM) II merupakan pengaplikasian dari Praktik Mengajar (PM) I yang menjadi tempat melatih keterampilan proses praktik mengajar untuk diterapkan di sekolah.

B.     Motivasi Mahasiswa Mengikuti PM II
Dasar yang menjadi motivasi bagi saya selaku mahasiswa untuk mengikuti praktik mengajar (PM) II, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Sebagai salah satu mata kuliah yang harus ditempuh.
2.      Untuk menerapkan teori yang sudah didapatkan saat praktik mengajar (PM) I.
3.      Dalam rangka mencari pengetahuan dan pengalaman melalui terjun langsung di lapangan sebagai bekal menjadi calon seorang Guru atau pendidik yang profesional.
4.      Untuk tempat belajar bagaimana cara berhubungan atau berurusan dengan suatu instansi terutama instansi pendidikan.
5.      Sebagai ajang tempat belajar bagaimana cara yang tepat atau sesuai dengan mentransfer ilmu ke peserta didik agar tujuan pendidikan dapat tercapai.

C.    Tujuan Praktik Mengajar (PM) II
Adapun yang menjadi tujuan Praktik Mengajar (PM) II, yaitu sebagai berikut:
1.      Agar Mahasiswa STAIN Palangka Raya memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas supaya menjadi calon Guru yang handal sesuai profesinya.
2.      Membentuk calon Guru yang profesional
3.      Agar memiliki pengalaman dan dedikasi yang tinggi dalam bidang pendidikan
4.      Untuk memahami dan mengetahui bagaimana penerapan Strategi Belajar Mengajar (SBM) dalam proses kegiatan pembelajaran.
5.      Melahirkan seorang Mahasiswa yang terampil dalam mengembangkan materi, keterampilan dan metode dalam pembelajaran.
6.      Memahami dan mengetahui bahkan menemukan berbagai problem saat proses pembelajaran berlangsung dan belajar berupaya mengatasinya dengan keterampilan dan cara berpikir seorang Guru yang profesional.


BAB II
GAMBARAN UMUM MTsN 2 PALANGKA RAYA

A.    Sejarah Berdirinya MTsN 2 Palangka Raya
Pada mulanya di Palangka Raya, lembaga pendidikan yang bercirikhaskan Islam yang setingkat dengan SLTP (SMP) hanya ada satu buah yaitu MTsN 1 Palangka Raya yang terletak di Jalan Ais Nasution. Dalam perkembangannya dari tahun ke tahun MTsN 1 Palangka Raya mengalami kemajuan pesat. Hal ini dapat dilihat dari sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, jumlah Siswa yang bertambah dan setiap tahun mengadakan penerimaan Siswa baru, banyak calon Siswa yang tidak tertampung (tidak diterima) karena keterbatasan ruang belajar.
Melihat kenyataan tersebut, maka timbullah keinginan untuk menambah ruang belajar. Namun kondisi tempat penambahan ruang belajar tidak memungkinkan. Kemudian pihak Departemen Agama ada keinginan untuk mengembangkan MTsN 1 menjadi 2 tempat. Maka pada tahun 1995 dibangunlah MTsN yang pada waktu itu masih menjadi bagian dari MTsN 1 Palangka Raya yang berada di jalan Tjilik Riwut Km. 7 Kecamatan Jekan Raya, kota Palangka Raya, yang sekarang telah berubah namanya  menjadi MTsN 2 Palangka Raya.
Seiring dengan diakuinya MTsN 2 Palangka Raya berdiri sendiri, maka sarana dan prasarana dari tahun ke tahun selalu bertambah, baik jumlah ruangan belajarnya maupun sarana dan prasarana penunjang lainnya.

B.     Visi dan Misi MTsN 2 Palangka Raya
MTsN 2 Palangka Raya memiliki Visi, yaitu “Berakhlak, Jujur, dan Cerdas”.
MTsN 2 Palangka Raya memiliki Visi tersebut guna mempersiapkan Siswa agar memiliki budi pekerti yang luhur (akhlakul karimah), berlaku jujur dalam sikap dan perilaku, serta mampu memberdayakan pola pikir untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
MTsN 2 Palangka Raya dalam mencapai Visi tersebut perlu dilakukan suatu Misi berupa kegiatan jangka pendek  dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan Misi yang dirumuskan berdasarkan Visi di atas, Misi tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Mengembangkan nilai-nilai taqwa, akhlakul karimah, yang berjiwa ahlusunnah wal jamaah.
2.      Menerapkank pola nilai kejujuran dalam setiap aktivitas kehidupan.
3.      Melaksanakan pendidikan Islam menuju terbentuknya manusia berkualitas
4.      Mengembangkan kecerdasan dan keterampilan berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  MTsN 2 Palangka Raya juga memiliki tujuan jangka pendek, yaitu  sebagai berikut:
1.      Mempertahankan status akreditasi A
2.      Mempertahankan prestasi 100% kelulusan
3.      Membentuk “kelas efektif” dengan format JP.
4.      Membentuk kelompok belajar bahasa (Bahasa Arab, Bahasa Inggris dan Bahasa  Indonesia)
5.      Membentuk Kelompok Ilmiah Remaja (KIR).
6.      Membentuk Kelompok Tilawah Siswa (KTS).
7.      Membentuk dan mengaktifkan kantin kejujuran.
8.      Tuntas matematika
9.      Mengaktifkan ekstrakurikuler seni dan olah raga.
10.  Menerapkan sistem administrasi Madrasah dan database penilaian.
11.  Pembiasaan perilaku bersih dengan program “Jum’at bersih”.
12.  Menciptakan suasana familiar pemanfaat teknologi dan informasi.
13.  Menciptakan budaya ukhuwah Islamiyah, ramah dan saling menghargai.
14.  Seluruh Siswa dan Guru dijamin fasilitas asuransi jiwa.

C.    Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
1.      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Berlakunya dasar hukum serta pedoman yang jelas dari pemerintah pusat dan BSNP serta model-model silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dari pusat kurikulum, Balitbang Mendiknas sebagai dasar/ pedoman/ acuan dalam penyusunan KTSP.
2.      Kalender Pendidikan
Tersedianya kalender induk sebagai pedoman umum yang dikeluarkan oleh Diknas kota Palangka Raya dan Kemenag kota Palangka Raya untuk selanjutnya dijabarkan secara detail dalam kegiatan akademik atau non akademik sesuai dengan potensi atau kondisi kepentingan sekolah.
3.      Program Pembelajaran
Sudah berpengalaman Guru-Guru dalam menyusun program-program pembelajaran (program tahunan, program semester, program penilaian analisis) yang hasilnya terkait dengan kurikulum berbasis kompetensi.
4.      Penilaian Hasil Belajat Peserta Didik
Penilaian hasil belajar telah berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian sebagaimana diatur dalam PP No. 19 tahun 2005 pasal 63 dan 64.

D.    Fasilitas Madrasah
No
Nama Bangunan
Jumlah
1
Luas bangunan
2.326 m2
2
Ruang kelas
18 buah
3
Ruang kepala/guru/TU
1 buah
4
Lab. Komputer (1) + Komputer
40 unit
5
Lab. Bahasa (1) + audio set
30 set
6
Lab. IPA (1) + Peralatan praktik
Seperangkat
7
Ruang kesenian (1) + alat-alat seni
Lengkap
8
Peralatan band sekolah
1 set
9
Ruang serba guna/Aula
1 buah
10
Ruang perpustakaan + lebih dari 1000 buku
1 buah
11
Tempat parker (mobil, motor, dan sepeda)
2 buah
12
Mushola
1 buah
13
Ruang BP/ BK
1 buah
14
Ruang komite
1 buah
15
Ruang OSIS
1 buah
16
Ruang PMR
1 buah
17
Ruang Pramuka
1 buah
18
Lapangan olah raga
1800 m2
19
Kantin madrasah
5 buah
20
WC siswa
15 buah
21
Ruang audio visual (lengkap dan modern)
1 buah
22
Kantin kejujuran (representative)
1 buah
23
Fasilitas internet (wireless & LAN)
2 line

E.     Kegiatan Ekstra Kurikuler
1.      Pramuka
2.      PMR
3.      Olah Raga
-          Basket
-          Futsal
-          Bulu tangkis
-          Silat/ karate
-          Tenis meja
-          Sepak bola
4.      Seni
a.       Sanggar seni
-          Seni tari
-          Tari melayu
-          Qasidah rebana
-          Nasyid
-          Hadrah
b.      Band sekolah



BAB III
PELAKSANAAN PRAKTIK MENGAJAR (PM) II

A.    Proses Pelaksanaan PM II
1.      Koordinasi panitia PM II dengan lembaga terkait
Koordinasi PM II dilakukan oleh panitia pelaksana PM II dengan pihak sekolah jauh hari sebelum pelaksanaan PM II dimulai atau dilaksanakan.
2.      Orientasi PM II
Orientasi Praktik Mengajar (PM) II merupakan suatu kegiatan yang diwajibkan bagi mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah Praktik Mengajar (PM) II dan sebagai tempat pemberian arahan yang bekenaan dengan pelaksanaan PM II di sekolah. Semua Mahasiswa harus mengikuti orientasi guna mendapatkan penjelasan materi, keterampilan, sistem situasi sekolah dan prosedur Praktik Mengajar (PM) II. Hal ini dimaksudkan sebagai bekal bagi Mahasiswa praktikan sebelum terjun ke sekolah.
3.      Observasi
Observasi dilakukan ketika Mahasiswa yang akan Praktik Mengajar (PM) II telah adanya serah terima dari pihak pengantar STAIN Palangka Raya dengan pihak sekolah MTsN 2 Palangka Raya. Hari pertama adalah membahas tata tertib dan learning contract dari pihak sekolah dengan Mahasiswa Praktik Mengajar (PM) II STAIN Palangka Raya. Hari kedua pembagian jadwal piket dan pembentukan ketua kelompok Praktik Mengajar (PM) II. Hari ketiga mendapat surat tugas untuk mengajar kelas yang telah ditentukan serta siapa yang menjadi Guru pamong, sekaligus observasi kelas, kantor, TU, perpustakaan, ruang guru, aula, ruang audio visual, ruang BK, ruang koperasi, Lab. IPA Terpadu, lab. Komputer dan tempat ibadah (mushalla).
4.      Konsultasi
Mahasiswa sebelum tampil dalam Praktik Mengajar (PM) II, terlebih dahulu diwajibkan untuk melakukan konsultasi bimbingan dengan pembimbing II (Guru pamong) baru kemudian pembimbing II (Dosen dari STAIN Palangka Raya). Apabila konsultasi telah dilaksanakan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudah di ACC atau ditanda tangani oleh kedua pembimbing dan disyahkan oleh Kepala Madrasah. Maka, Mahasiswa baru bisa tampil Praktik Mengajar di kelas yang telah ditentukan. Konsultasi yaitu berkaitan dengan format RPP, materi, dan SBM (Strategi Belajar Mengajar): konsultasi dilakukan setiap akan tampil pada pertemuan yang ditempuh selanjutnya sampai pertemuan ke-VI (enam) kali tampil Praktik Mengajar (PM).
5.      Pembimbing
Pembimbing I adalah Dosen STAIN Palangka Raya, yaitu yang terhormat Ibu Dra. Hj. Rodhatul Jennah, M.Pd yang ditunjuk oleh ketua panitia pelaksana Praktik Mengajar (PM) II untuk memberikan bimbingan kepada Mahasiswa bimbingannya.
Pembimbing II adalah Guru pamong yaitu guru bidang studi Biologi yang mengajar di sekolah tempat Mahasiswa Praktik Mengajar (PM) II dan bertugas memberikan bahan materi yang akan diajarkan oleh Mahasiswa praktikan, memberi bimbingan dan arahan baik dari segi penampilan, menghadapi murid, mengelola kelas, metode/ SBM dan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Beliau adalah yang terhormat, Ibu Herliani, S.Pd.
6.      Praktik Mengajar (PM) II
Setelah selesai konsultasi dan RPP sudah disetujui atau di ACC, maka Mahasiswa melaksanakan Praktik Mengajar. Hal ini dilakukan sebanyak VI (enam) kali pertemuan tampil.
7.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
1.        Waktu        :    Mulai tanggal 07 Oktober 2010 sampai tanggal 26 November 2010
2.        Tempat       :    MTsN 2 Palangka Raya Jl. Tjilik Riwut Km. 7 Palangka Raya.



B.     Bidang Studi dan Materi yang Diajarkan
1.      Pertemuan pertama
Mata Pelajaran                :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok                  :    Sistem Pencernaan pada manusia
Kelas                               :    VIII (delapan) B
Semester                          :    I (Satu)
Hari/Tanggal                   :    Jum’at, 15 Oktober 2010
Alokasi Waktu                :    3 x 40 Menit
2.      Pertemuan Kedua
Mata Pelajaran                :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok                  :    Makanan dan kesehatan
Kelas                               :    VIII (Delapan) B
Semester                          :    I (Satu)
Hari/Tanggal                   :    Jum’at, 22 Oktober 2010
Alokasi Waktu                :    3 x 40 Menit
3.      Pertemuan ketiga
Mata Pelajaran                :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok                  :    Sistem Pernapasan pada manusia
Kelas                               :    VIII (delapan) B
Semester                          :    I (Satu)
Hari/Tanggal                   :    Jum’at, 29 Oktober 2010
Alokasi Waktu                :    3 x 40 Menit
4.      Pertemuan keempat
Mata Pelajaran                :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok                  :    Volume udara dalam paru-paru, kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan.
Kelas                               :    VIII (delapan) B
Semester                          :    I (Satu)
Hari/Tanggal                   :    Jum’at, 5 November 2010
Alokasi Waktu                :    2 x 40 Menit


5.      Pertemuan kelima
Mata Pelajaran                :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok                  :    Sistem peredaran darah
Kelas                               :    VIII (delapan) B
Semester                          :    I (Satu)
Hari/Tanggal                   :    Jum’at, 12 November 2010
Alokasi Waktu                :    3 x 40 Menit
6.      Pertemuan keenam
Mata Pelajaran                :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok                  :    Peredaran darah, penggolongan darah, transfusi darah, dan kelainan pada sistem peredaran darah
Kelas                               :    VIII (delapan) B
Semester                          :    I (Satu)
Hari/Tanggal                   :    Selasa, 23 November 2010
Alokasi Waktu                :    3 x 40 Menit

C.    Jadwal Pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II
Adapun jadwal pelaksanana praktik mengajar (PM) II adalah sebagai berikut:

No
Hari/Tanggal
Kelas
Pukul
Materi
1.
Jum’at, 15 Oktobe 2010
VIII B
06.45- 08.45
Sistem pencernaan pada manusia
2.
Jum’at, 22 Oktober 2010
VIII B
06.45- 08.45
Makanan dan kesehatan
3.
Jum’at, 29 Oktober 2010
VIII B
06.45- 08.45
Sistem pernapasan pada manusia
4.
Jum’at, 5 November 2010
VIII B
06.45- 08.45
Volume udara dalam paru-paru, kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan
5.
Jum’at, 12 November 2010
VIII B
06.45- 08.45
Peredaran darah
6.
Selasa, 23 November 2010
VIII B
09.45- 11.05
Penggolongan darah, transfusi darah, dan kelainan pada system peredaran darah.




BAB IV
FAKTOR PENUNJANG DAN PENGHAMBAT

A.    FAKTOR PENUNJANG
Dalam pelaksanaan kegiatan Praktik Mengajar (PM) II di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Palangka Raya, Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan baik. Hal ini dapat terwujud demikian, dikarenakan ada beberapa faktor penunjang dalam pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II. Adapun faktor penunjang tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Sarana dan prasarana pendidikan yang cukup lengkap dan memadai sehingga mempermudah bagi mahasiswa praktikan dalam proses pelaksanaan praktik mengajar (PM) II.
2.      Kondisi lingkungan yang baik, kondusif, bersih, nyaman, dan menyenangkan.
3.      Adanya kerja sama yang baik antara pihak sekolah, Guru, Siswa, dengan Mahasiswa Praktik Mengajar  (PM) II.
4.      Bimbingan yang maksimal saat konsultasi dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) maupun saat akan tampil atau pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II di kelas.
5.      Buku Paket setiap Siswa (peserta didik) terutama mata pelajaran Biologi telah memiliki, sehingga Mahasiswa Praktik Mengajar tidak terlalu banyak mencatat cukup menjelaskan dengan model, metode yang direncanakan, membimbing, menjadi partner bagi peserta didik, dan peserta didik cukup menyimak dan mengulas secara jalan dari yang dijelaskan oleh Mahasiswa praktikan, sehingga pada saat mereka mengerjakan LKS (Lembar Kerja Siswa), pembelajaran menjadi student center oriented (pusat belajar orientasinya pada Siswa sedang Guru membimbing dan mengarahkan, Siswalah yang lebih aktif, Guru sebagai fasilitator.

B.  FAKTOR PENGHAMBAT
Dalam pelaksanan Praktik Mengajar (PM) II di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Palangka Raya ada beberapa hal kendala yang dihadapi tetapi tidak terlalu prinsipil hanya bersifat relatif. Kendala atau faktor penghambat tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Ada beberapa Siswa yang kurang memperhatikan atau asyik sendiri saat proses kegiatan belajar, walaupun sudah ditegur dengan ucapan “jangan ribut” tetapi masih tetap ribut.
2.      Ada beberapa Siswa yang tidak pernah membaca atau mempelajari di rumah buku paket yang dimiliki sehingga saat proses pembelajaran ketika diskusi kelompok,  bingung materi dibukunya yang mana halaman yang sesuai dengan pertanyaan atau soal yang diberikan melalui LKS (Lembar Kerja Siswa).

C.    Solusi
Adapun upaya penyelesaian atau mengatasi hambatan atau kendala tersebut dalam pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II adalah sebagai berikut:
1.      Memberikan pengertian kepada Siswa yang suka ribut mengenai pentingnya memperhatikan pelajaran yang disampaikan Guru (Mahasiswa Praktik), baik untuk masa sekarang maupun di masa depan kelak.
2.      Memberikan motivasi kepada Siswa agar rajin belajar dan memberikan pengertian dengan menceritakan contoh orang-orang yang sukses dan berhasil.


BAB V
PENUTUP

A.    Kesimpulan
1.      Praktik Mengajar (PM) II adalah mata kuliah wajib ditempuh dengan syarat telah lulus Micro Teaching atau Praktik Mengajar (PM) I¸ dan pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II yaitu praktik terjun langsung di sekolah.
2.      Melalui pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengajar bagi Mahasiswa STAIN Palangka Raya, sehingga dapat menjadi seorang calon Guru yang profesional.
3.      Dalam pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II ada beberapa faktor penunjang yang perlu ditingkatkan terus atau dikembangkan lagi dan tentunya memperbaiki atau membenahi faktor penghambat.
4.      Praktik mengajar (PM) II dapatk terlaksana dengan baik dan lancar. Hal ini dikarenakan karena adanya kondisi sekolah yang kondusif, nyaman, bersih dan menyenangkan, serta adanya hubungan kerja sama yang baik antara Mahasiswa Praktik Mengajar (PM) II dengan pembimbing I, pembimbing II dan pihak sekolah.

B.     Saran
1.      Bagi panitia pelaksana Praktik Mengajar (PM) II pada masa yang akan datang, hendaknya perencanaan pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II lebih diperhatikan terutama mengenai waktu pelaksanaan Praktik Mengajar (PM) II, sehingga tidak terkesan terlalu mepet dan terburu-buru atau waktu yang pas-pasan dekat dengan pelaksanaan ujian semester sekolah. Hal ini menjaga kemungkinan kalau ada Mahasiswa yang berhalangan tampil karena sakit, ada kelonggaran untuk menyusul.
2.      Bagi mahasiswa yang akan memprogramkan Praktik Mengajar (PM) II agar supaya mempersiapkan diri semaksimal mungkin dengan wawasan, pengetahuan dan keterampilan mengajar yang baik.




LAPORAN PERORANGAN


KULIAH KERJA NYATA (KKN) ANGKATAN XXIII KELOMPOK VIII
STAIN PALANGKA RAYA TAHUN 2010
DESA SAMBA DANUM  KEC. KATINGAN TENGAH
KAB. KATINGAN KALIMANTAN TENGAH



SUPERVISOR : MUNIB, M. Ag

  



Disusun Oleh:


IMAM SUPIYAN
NIM.0701140057

















SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PALANGKA RAYA
TAHUN 2010





KATA PENGANTAR


            Segala puji hanya bagi Allh SWT, Tuhan seluruh alam yang senantiasa memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya kepada Kita semua. Dengan segala kekuasaan dan kehendak-Nya kami dapat menyelesaikan Laporan  Kegiatan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (LKK-KKN) STAIN Palangka Raya Angkatan XXIII tahun 2010 yang bertempat di Desa Samba Danum Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan dengan baik.
            Penyusunan Laporan ini dibuat yaitu bertujuan sebagai bukti pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), untuk bahan kajian secara ilmiah dan evaluasi untuk kepentingan Akademik baik bagi Mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan bagian dari mata kuliah yang berupa pengabdian kepada Masyarakat seperti bunyi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun badan pelaksana Kuliah Kerja Nyata (BP-KKN).
            Dalam proses pelaksanaan Program KKN di desa Samba Danum  tidak sedikit mendapat masukan, pengalaman, pelajaran, serta pengetahuan yang sangat berharga bagi bekal dan pandangan untuk terjun di tengah-tengah masyarakat serta bantuan dari berbagai pihak, baik dari segi pemikiran, tenaga, meteril, dan lain sebagainya. Sehingga pelaksanaan KKN di Desa Samba Danum Kecamatan Katingan Tengah  Kabupaten Katingan dapat terlaksana dan kami tuangkan melalui penyusunan laporan kegiatan ini.
            Saya sebagai Mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Samba Danum Kecamatan Katingan Tengah dengan ini  mengucapkan sangat berterima kasih dan menghaturkan dengan hormat kepada semua pihak yang telah ikut membantu, berpartisipasi, bertanggung jawab dan membimbing dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 2 bulan di Desa Samba Danum, Kepada:
  1. Bapak Dr. H. Khairil Anwar, M. Ag selaku ketua STAIN Palangka Raya
  2. Bapak Dr. Muhammad, M. HI dan Bapak Ali Iskandar, M. Ag selaku BP-KKN besrta stafnya
  3. Bapak Utui Tatang Sontani selaku kepala Desa Samba Danum
  4. Bapak Adventus,SE selaku Camat Katingan Tengah
  5. Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda Desa Samba Danum
  6. Serta Segenap unsur yang telah membantu dan mendukung dalam mensukseskan Pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XXIII tahun 2010.
                Akhirnya, mudah-mudahan penyusunan laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini ada manfaatnya dan menambah khazanah bagi Penyusun serta Pembacanya. Dan apabila dalam penyusunan laporan ini terdapat kekurangan dan kekeliruan, saya mengharapkan krirtik dan saran yang membangun kepada kearah yang lebih baik lagi. Sukses dan maju terus bagi Kita semua, Semoga Allah SWT memberkati dan meridhoi segala usaha Kita semua. Amin-amin Ya Rabbal ‘alamin…. 
                                                                                               
 Samba Danum,    September 2010
                                                                                                                        Penyusun,


                                                                                                                IMAM SUPIYAN
                                                                                                                NIM.0701140057




STRUKTUR KELOMPOK VIII
KKN STAIN PALANGKA RAYA ANGKATAN XXIII TAHUN 2010
DESA SAMBA DANUM

















  
PELAKSANAAN
PROGRAM UMUM DAN KHUSUS
SECARA PERORANGAN

A.  PROGRAM UMUM
1.    Pengabdian Kepada Masyarakat
a.    Implementasi Kegiatan
Berdasarkan salah satu bunyi tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, Sya selalu mengupayakan dan menyempatkan waktu untuk melaukan pengabdian diri pada masyarakat sesuai dengan program studi yang saya tempuh yaitui pendidikan biologi. Dalam membina masyarakat saya tidak hanya mengajarkan pendidikan biologi di masyarakat dimana saya melaukan pembinaan tetapi saya juga melakukan kegiatan yang lain dengan  keterampilan dan keahlian khusus yang dapat saya lakukan sebagaimana hasil musyawarah yang telah disepakati oleh kelompok saya. Karena lembaga pendidikan di desa samba danum ada SD, SMP dan SMA, maka saya berbagi tugas mengajarnya yaitu saya di SMA-Muhammadiyah Katingan Tengah Desa samba danum dan teman lainnya mengajar di SMPN-1 Katingan Tengah Desa Samba Danum. Saya di SMA-Muhammadiyah dipercaya oleh lembaga untuk mengajar mata pelajaran biologi kelas X, XI-IPA dan XII-IPA  dan mengajar mata pelajaran Bahasa Arab kelas X, XI-IPA/IPS, dan XII-IPA/IPS. Selain di SMA-Muhammadiyah, saya dipercaya untuk mengajar PAI di SMAN-1 Katingan Tengah Desa Samba Danum karena permintaan dari pihak sekolah untuk mengajarkan mata pelajaran tersebut. Walau PAI dan Bahasa Arab bukan bidang saya, karena masyarakat memerlukan untuk saya mengajarkan mata pelajaran tersebut, maka saya berusaha semampu dan sebisa saya. Padahal kedua mata pelajaran tersebut diminta untuk dijarkan bagi mereka yang mengambil studi PAI, namun karena keterbatasan orangnya dari PAI hanya 2 orang 1 orang mengajar PAI di SMPN-1 dan satunya SMAN-1 dan kekurangannya saya yang memenuhi sebagai tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa secara individu membawa nama almamater STAIN Palanga Raya dan ketua kelompok serta  karena saya juga telah dibekali mata kuliah bahasa arab A, B, C, D, E, dan F serta Mata kuliah PAI berupa Fiqih, Masailul Fiqh, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits, PMQ dan PPI.
Selain mengajar saya juga memberikan dan menawarkan kursus biologi, kursus bahasa arab dan kursus komputer sepuasnya sampai bisa. Hal ini untuk memberikan dan menyumbangkan ilmu yang telah saya dapatkan dari bangku perkuliahan. Kegiatan lainnyapun saya lakukan yaitu pembinaan mental dan watak melalui pembinaan kepramukaan dan lembaga yang m,enjadi fokus pembinaan yaitu SMA-Muhammadiyahdan SMPN-1 Katingan Tengah Desa Samba danum dan berbagai kegiatan sosial lainnya.
b.   Dampak Perubahan
Dampak perubahan setelah beberapa kali berpartisipasi mengajar biologi di SMA-Muhammadiyah yaitu siswanya yang tadinya belum terlalu banyak mengenal tentang pelajaran biologi terutama kegiatan praktikum, maka saya mencoba mengedepankan teori lalu praktikum yang kegiatan ini ternyata memiliki nilai positif dapat meningkatkan hasil belajar, hal ini terbukti karena telah saya lakukan beberapa evaluasi siswa. Walaupan disekolahan tersebut sudah ada dua guru biologi tetapi kegiatan praktikum belum pernah dilakukan karena kesibukan guru yang banyak job mengajar. Tapi saya berupaya untuk mengajar dan terus memotivasi adik-adik didik saya selalu agar mereka lebih baik dan maju dari saya. Begitupun dengan mata pelajaran Bahasa Arab yang saya ajarkandi SMA Muhammadiyah dan PAI di SMAN-1 Katingan Tengah desa Samba Danum. Dampak perubahan yang muncul dari pengajaran Biologi, adik didik saya sudah mampu menggunakan mikroskop dan melakukan praktikum serta laporan dan lebih kritis pemikirannya. Dalam pengajaran Bahasa Arab mereka mulai mampu berbahasa Arab, misalnya saya= ana, kamu=anta/ anti, , berhitung dengan bahasa arab dan seterusnya. Dan dalam pengajaran PAI, mereka yang belum bisa membaca Al-Qur’an menjadi bisa, tahu tajwid dan pemahaman tentang Agama Islam lebih meningkat karena saya lakukan dialog tanya jawab sesudah menjelaskan materi.
c.    Dukungan Masyarakat
Dari beberapa kegiatan yang saya laksanakan sesuai tugas yang disepakati kelompok di desa Samba Danum ini, memperlihatkan respon dan penerimaan yang sangat positif, terlihat mereka sangat serius, inovatif dan kreatif pada saat saya memberikan beberapa materi Biologi, bahasa Arab maupun PAI. Bahkan beberapa anak-anak datang ke sekretariat KKN untuk belajar Biologi, Bahasa Arab dan PAI dan pelajaran yang lain. Walaupun dalam kondisi malam hari mereka tetap semangat untuk belajar ke sekretariat KKN untuk belajar, tetapi tetap menjaga waktu yang telah dibatasi jangan sampai terlalu melewati batas waktu terlalu malam. Sehingga setiap hari sekretariat selalu penuh dan di datangi oleh adik-adik saya untuk belajar.
d.   Kemampuan Berkomunikasi Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat
Sebagai seorang mahasiswa tentu saja saya harus mampu berkomunikasi apalagi saya di percaya oleh teman-teman menjadi kelompok jadi kemampuan berkomunikasi dan mencari simpatik masyarakat harus benar-benar bisa dengan baik dengan anggota masyarakat, karena dengan berkomunikasi yang baik maka masyarakat dapat menjadi patner bagi saya. Hal ini  sangat penting dalam pelaksanaan tugas kesehariannya yaitu dalam melaksanakan program dengan berkoordinasi dengan berbagi lapisan masyarakat, mengeluarkan pendapat, berdiskusi dan lainnya. Saya menilai kemampuan komunikasi saya sebagai seorang mahasiswa cukup memadai, hanya saja saya merasa kurang karena kurang mampunya saya berbahasa Dayak, tetapi karena saya mampu berbahasa  Banjar dan masyarakatpun mengerti baik bahasa Banjar maupun Bahasa Indonesia sehingga tidak menjadi problem yang begitu signifikan. Bahasa Indonesia, dengan demikian saya dapat bersosialisasi dengan masyarakat dengan baik dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan saya dapat beradaptasi dengan lingkungan masyarakat setempat. Sehingga kehadiran saya dapat diterima oleh masyarakat Samba Danum.
e.    Kerjasama Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat
Kerjasama antara saya dengan warga masyarakat tidaklah banyak mengalami kesulitan, karenakan


B.  PRORAM KHUSUS
1.    Pembinaan Kehidupan Beragama

2.    Pembinaan Komunikasi dan Kehidupan Antar Umat Beragama

3.    Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan




    
BAB I

PENDAHULUAN



A.    Latar Belakang
   Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan dari perkuliahan karena KKN masuk kedalam mata kuliah  yang dilaksakan di luar Kampus sebagai salah satu wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian  kepada masyarakat sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional pasal 20 ayat 2 yang menyebutkan “Pendidikan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat”.
   Perguruan tinggi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Palangka Raya mempunyai Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang di khususkan kepada mahasiswa yang sudah mencapai jumlah SKS (Sistem Kredit Semester) yang telah di tentukan dan berada di semester 7.
   Dalam mencapai dan merealisasikan falsafah pendidikan di Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 serta UU Perguruan Tinggi Tahun 1961 dalam rangka  pelaksanaan Tri dharma Perguruan Tinggi dengan  melaksanakan kegiatan-kegiatan yang harus di lakukan oleh Mahasiswa yang memanfaatkan sebagian waktu belajarnya dengan keluar dari ruang kuliah, keluar dari perpustakaan, keluar dari kampusnya untuk bekerja di lapangan mengabdi kepada Masyarakat.
   Dalam Kegiatan KKN mendorong dan menganjurkan setiap mahasiswa untuk bekerja di desa dalam jangka waktu yang telah tertentu, untuk tinggal dan bekerja membantu masyarakat pedesaaan menyelesaikan persoalan pembangunan di masyarakat dan menjadi partner yang baik untuk Masyarakat sebagai muatan yang menjadi sebagian dari kurikulumnya.
  Negara Indonesia memiliki cakupan daerah  yang cukup luas, dan sebagian besar terletak di wilayah pedesaan. Umumnya, keadaan desa tidaklah sama dengan keadaan di perkotaan khususnya dalam hal peradapan masyarakat. Begitu pula halnya dalam kualitas SDM. Melihat hal demikian, eksistensi Mahasiswa KKN di masyarakat pedesaan haruslah benar-benar optimal, menjadikan Masyarakat mejadi Partner dan tempat belajar untuk bekal hidup sebelum terjun di tengah-tengah bermasyarakat . Misi utama Mahasiswa KKN adalah mengajak  masyarakat yang berimataq dan berilmu pengetahuan.
  Taraf hidup masyarakat desa sebagian masih sangat sederhana, juga adanya sikap mental yang dipengaruhu nilai-nilai sosoial budaya yang dapat menghambat proses pembaruan dan pembangunan. Di sisi lain lapanngan pekerjaan di desa sangat terbatassehingga terdapat gejala-gejala pengangguran dan setengah pengangguran. Hal itu dikarenakan sangat terbatasnya lapangan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa, sehingga banyak tenaga kerja yang pergi ke daerah lain untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini akan menghambat kelancaran pembangunan terutama di daerah pedesaan.
   Begitu pula dengan masyarakat yang berdomosili di Desa Samba Danum Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan. Kehidupan mereka sederhana, menyesuaikan dengan lapangan kerja yang ada di sekitarnya. Sebagian besar bemata pencaharian sebagai Pedagang, PNS, serta berkebun karet dan rotan. Adapun kondisi mental dan agama masyarakat cukup agamis, sekalipun masih memerlukan bimbingan. Karena itulah, sudah sepatutnyalah Kita sebagai kalangan Akademis untuk berpartisipasi langsung dalam masyarakat, guna membantu dalam terlaksananya pembangunan masyarakat desa.
  Melalui Kuliah Kerja Nyata yang telah kami laksanakan di desa Samba Danum kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan, Kami laporkan hasil kegiatan  selama 2 bulan  melaksanakan Kuliah Kerja Nyata(KKN) di desa Samba Danum, sebagai bukti pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), untuk bahan kajian secara ilmiah dan evaluasi untuk kepentingan Akademik baik bagi Mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan bagian dari mata kuliah yang berupa pengabdian kepada Masyarakat seperti bunyi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi maupun Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (BP-KKN) dan menjadi suatu bukti yang konkrit bagi masyarakat kedepan agar lebih maju setelah sepeninggalan dari Kami.

B.     Tujuan Penulisan

           Adapun tujuan Penulisan dari Laporan Kelompok ini adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai bukti pelaksanaan  kegiatan Kuliah Kerja Nyata selama 2 bulan lamanya di desa Samba danum dimana kami di terjunkan.
  2. Sebagia bahan seminar Kelompok VIII Mahasiswa KKN STAIN Palangka Raya angkatan XXIII tahun 2010
  3. Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kewajiban melaksanakan pembangunan, baik yang bersifat fisik/material maupun spiritual.
  4. Sebagai bahan evaluasi dan bahan pembelajaran serta bekal yang sangat berharga bagi mahasiswa untuk bekal kelak terjun di tengah-tengah masyarakat
  5.  Sebagai bahan masukan  bagi masyarakat dalam mengatasi dan menyelesaikan  problematika yang mereka hadapi.









BAB II
GAMBARAN UMUM DESA


A.    GEOGRAFI DESA
PROFIL   DESA SAMBA DANUM
       Desa Samba Danum  adalah Desa yang berada di Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah.  Luas wilayah 450.000 hektar/ KM3  dengan meliputi; lahan pertanaian 50 hektar, hutan 19.800 hektar, Perairan/ rawa 50 hektar, Pemukiman 250.000 hektar,  lain-lain 50 hektar.  Luas lahan pertanian , meliputi  0 hektar Sawah, Lahan Kering 80 hektar dengan sistem irigasi tadah hujan 20 hektar, irigasi teknis 0 hektar,dan Irigasi pompa 0 hektar.
Desa samba Danum memiliki batas wilayah, meliputi;
·   Sebelah Utara berbatasan dengan Kelurahan Samba Kahayan
·   Sebelah Selatan  berbatasan dengan Kali Katingan
·   Sebelah Timur  berbatasan dengan Kali Katingan
·   Sebelah Barat  berbatasan dengan Desa Mirah Kalanaman
     Desa Samba Danum adalah desa yang di pimpin oleh seorang Kepala desa yang bernama Bapak Utui Tatang Sontani. Dengan desa terdiri dari 10 RT . Desa Samba Danum bias di katakan sebagai desa yang kaya karena hamper seluruh penduduknya berprofesi sebagai pedagang dan memilki jiwa bisnis yang tinggi.
    Berbagai fasislitas hampir semua ada baik jalur darat maupun jalur air karena Desa Samba Danum merupakan Desa dan  sekaligus Kecamatan Katingan. Alat transpotasi utama adalah transportasi darat (Sepeda Motor, Mobil Travel, Klotok Mesin Motor, dan verry penyebrangan )

B.  DEMOGRAFI DESA
1.      Jumlah Penduduk
             Desa Samba Danum mempunyai  Jumlah Penduduk berkisar 3.960 orang, meliputi Laki-laki 1.937 Orang dan 2.023 Orang perempuan, dengan perbandingan Usia penduduk; Balita 427 orang, Bersekolah 1.712 Orang, Produktif 1. 721 Orang dan Lansia 100 Orang. Jumlah  Penduduk yang beragama  Islam berjumalah 50 %, Beragama Kristen 49 % dan 1 % beragama Hindhu Kaharingan.
2.      Sektor Pendidikan
a.         TK/ TPA
         Di desa Samba Danum TK/ TPA berjumlah 7 buah, yaitu; TK/ TPA Al-Mushlikhun, TK/ TPA Masjid Mujahidin, TK/ TPA Masjid NOOR, TK/ TPA Masjid Tewang, TK Aisyiah, TK Tunas Kelapa, dan TK Kristen. Jumlah Guru Pengajar keseluruhan sebanyak 22 Orang dan jumlah Murid keseluruhan sebanyak 225  Orang.
b.         SD
             Di desa Samba Danum Sekolah Dasar berjumlah 5 buah, yaitu; SDN-1, SDN-2, SDN-3, SDN-4,  dan SDN- Kristen. Jumlah Guru Pengajar keseluruhan sebanyak 59 Orang (PNS dan non PNS) dan jumlah  murid keseluruhan sebanyak 856 Orang.
c.         SLTP/ Sederajat  
              Di desa Samba Danum Sekolah Menengah Pertama berjumlah 3 buah, yaitu; SMP-1, SMP-Muhammadiyah, SMP- Kristen. Jumlah Guru Pengajar keseluruhan sebanyak 32 Orang (PNS dan non PNS) dan jumlah  murid keseluruhan sebanyak 710 Orang.
d.        SMA/ Sederajat
             Di desa Samba Danum Sekolah Dasar berjumlah 3 buah, yaitu; SMAN-1, SMA-Muhammadiyah , SMA- Kristen. Jumlah Guru Pengajar keseluruhan sebanyak 40  Orang (PNS dan non PNS) dan jumlah  murid keseluruhan sebanysak 918 Orang.
3.      Mata Pencaharian Penduduk
          Adapun mata pencaharian penduduk warga desa Samba Danum yang mayoritas yaitu di bidang perdagangan, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Bidang Perkebunan, Pertambangan dan Wiraswasta, sedangkan mata pencaharian yang minoritas adalah dibidang Pertanian dan Buruh.   
1)      Pedagang
  Warga desa Samba Danum hampir rata-rata berjiwa bisnis dalam pedagang. Hal ini terlihat dalam kegiatan sehari-hari di komplek pasar desa Samba Danum  yang berdekatan dengan desa Samba Kahayan dan menjadi satu komplek pasar. Desa Samba Danum bisa dikatakan sebagi pusat perbelanjaan dan transaksi jual beli untuk kegiatan memenuhi keperluan dapur dll dan Komplek pasar ini terletak di RT.01 dan menderet sampai RT.02 .Keberadaan pedagang ini dibuktikan dengan adanya  kios/ warung, toko-toko dan pasar sembako pasar tradisional.  
2)      Pegawai Negeri Sipil (PNS)
   Desa Samba Danum karena teletak di Kecamatan  Ketingan Tengah pusat dimana segala urusan lengkap ada disini, sehingga berbagai Dinas ada. Maka banyak yang berprofesi sebagai pegawai negeri Sipil, yaitu berjumlah 121 Orang PNS yang yaitu meliputi ; Dinas guru, Dinas Pendidikan, Dinas Pegawai Kecamatan, Dinas desa, Dinas KUA, Dinas Kehutanan, Dinas kesehatan Dinas Kepolisian, dan Dinas TNI.
3)      Bidang Perkebunan
          Didesa Samba Danum di bidang perkebunan yang lebih di kembangkan yaitu perkebunan sawit, perkebunan rotan dan perkebunan karet. Perkebunan sawit sangat cerah baik dari segi penghasilan dan pemasaran, tetapi perkebunan sawit yang berada di desa Samba Danum telah banyak yang di jual ke perusahaan dan dipatenkan hak kepemilikannya, hanya beberapa warga saja masih memiliki perkebunan sawit itupun hanya Orang–orang tertentu saja  yang dianggap mampu.
    Perkebunan rotan di desa Samba Danum  mulai lebih diperhatikan dan mulai di pelihara dengan baik serta mulai di kembangkan secara besar-besaran. Karena rotan memilki nilai produktifitas dan nilai jual baik yang masih bersifat impor keluar daerah atau Negara maupun produktifitas yang sudah menjadi kerajinan yang telah menjadi barang jadi, misal kursi rotan, tikar rotan dll. 
     Sedangkan perkebunan karet di desa Samba Danum masih baru mulai di kembangkan dan masih mulai penanaman melalui bentuk bantuan hargi bibit dijual separu harga bahkan ada yang di beri bantuan secara cuma- cuma  dari Kabupaten atau Provinsi.Karena pengalakan penanaman karet ini di lakukan dengan melihat  pemasaran yang cerah dan meduduki level pasar dunia.
4)      Bidang Pertambangan
      Dalam bidang pertambangan didesa Samba Danum  banyak warga masyarakatnya yang berprofesi di pertambangan atau yang lebih dikenal olah warga masyarakat dengan istilah menyedot. Baik yang bapak-bapak maupun pemudanya banyak yang bekerja di bidang ini. Selain hasil yang menjanjikan, profesi ini banyak merekrut tenaga kerja. Walau hasilnya tidak pasti, tetapi mereka lebih memilih pekerjaan ini karena sudah menjadi bagian dari  kehidupan  warga masyarakat desa Samba Danum. Dalam Pemasaran dan penjualan hasil tambang mas ini tidak mengalami kesulitan bahkan pasar sangat cerah dan memilki nilai yang tinggi bagi menyokong kehidupan masyarakat desa Samb Danum. Hal ini karena adanya kerja sama dengan PT. KBK (Kasongan Bumi Kencana). Tempat yang menjadi fokus  masyarakat bekerja menyedot atau menambang yaitu berada di daerah desa Mirah Kalanaman.   
5)      Bidang Wiraswasta
          Warga desa Samba Danum yang berprofesi dalam bidang Wiraswasta yaitu meliputi; 4 moulding, 3 kerajinan ukiran/ mebel, dan 1 BMT Masjid Syuhada.
6)      Bidang Pertanian
            Dalam bidang pertanian  masyarakat warga desa Samba Danum lebih mengembangkan pertanian Padi, pertanian  jagung dan pertanian singkong. Dalam pertahun Jumlah produktifitas Padi yang di hasilkan sebanyak 100 ton, jagung  10 ton dan singkong 100 ton.
7)      Bidang Buruh
           Di bidang buruh warga Masyarakat desa Samba Danum yang berprofesi sebagai buruh kebanyakan mereka dari RT 07 – RT.10 . Warga masyarakat bekerja sebagi buruh menjadi karyawan PT. KDP sebagai buruh dalam pembibitan tanaman kelapa sawit, penanaman, perawatan, pemanenan, pengangkutan dan sampai ke penjualan. 
4.         Agama dan Kepercayaan
a.   Agama
  Masyarakat desa Samba danum mayoritas menganut agama Islam berjumlah  50 , sedangkan beragama Kristen 49 % dan 1 % beragama Hindhu Kaharingan.
b.      Kegiatan Keagamaan
   Kegiatan Kehidupan beragama di desa Samba Danum tergolong cukup agamis, terbukti dengan  adanya kegiatan-kegiatan rutin keagamaan di desa ini. Selain itu juga adanya pendidikan dan pembinaan anak-anak dan remaja melalui pendidkan TK/  TPA dan pembinaan remaja menjadi Pengajar pendidik dan Pembina untuk anak-anak di desa Samba danum. Kegiatan lain juga seperti sholawatan/ habsyi, Yasinan Ibu-ibu, yasinan bapak di masjid NOOR yang di laksanakan sehabis ba’da magrib dan ba’da shalat jum’at, dan masjid Syuhada hanya ba’da Magrib malam jum’at.
 Dalam kegiatan keagamaan seperti PHBI masyarakat desa Samba danum sangat antusias bahkan mereka tidak jarang mendatangkan penceramah dari luar kota dan daerah. Hak ini mereka lakukan tidak lain dan tidak bukan untuk meningkatkan kualitas masyarakat yang berimtaq.
c.       Tempat Ibadah
Adapun tempat ibadah di desa Samba danum berjumlah 8 buah, yaitu 3 Mesjid meliputi; masjid Syuhada, masjid Mujahidin, masjid NOOR, 3 Mushola meliputi mushola al-ikhlas, mushola al-muhajirin dan mushola tewang, 1 gereja Kapakat dan 1 vihara hindhu kaharingan.
5.      Sektor Kesehatan
Bidang kesehatan di desa Samba Danum sudah ada Puskesmas yang memilki ruang perawatan untuk perawatan inap dan gedung/ aula pukesmas  yang memadai. 


STRUKTUR APARAT DESA SAMBA DANUM
KECAMATAN KATINGAN TENGAH
KABUPATEN KATINGAN

















BAB III
PROGRAM DAN PELAKSANAAN

A.    Program
1.      Program Khusus
a.      Pembinaan Kehidupan dan Komunikasi Umat Beragama
1).  Pembersihan Tempat dan Lingkungan Ibadah.
2).  Pengkaderan Imam. Bilal dan Khatib.
3).  Pengkaderan Penyelenggaraan Fardhu kifayah (Jenazah).
4).  Imam Tarawih.
5).  Tadarus Al-Qur’an.
6).  Buka Puasa Bersama.
7).  Safari Ramadhan.
8).  Pesantren Ramadhan.
9).  Pelatihan MC, Pidato dan Ceramah.
10). Bazaar Pasar Murah Ramadhan.

b.      Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan
1). Mendirikan TK/TP Al-Qur’an di Masjid Noor.
2). Berpartisipasi Mengajar TK/TP Al-Qur’an di Masjid Noor.
3). Berpartisipasi Mengajar di SMPN-1 Samba Danum Katingan Tengah.
4). Berpartisipasi Mengajar di SMP-Muhammadiyah Samba Danum Katingan Tengah.
5). Berpartisipasi Mengajar di SMA-Muhammadiyah Samba Danum Katingan Tengah.
6). Berpartisipasi Mengajar di SMAN-1 Samba Danum Katingan Tengah.
7).  Membina Pramuka di SMPN-1 Katingan Tengah.
8).  Membina Pramuka di SMA-Muhammadiyah Katingan Tengah.
9).  Lomba Adzan Sekaligus Iqomat.
10). Lomba Gerakan  dan bacaan Shalat Berjamaah.
11). Lomba Hafalan Surah-Surah Pendek.
12). Lomba Busana Muslim tingkat Anak-Anak (TK/TPA).
13). Kursus Bahasa Inggris.
14). Kursus Biologi.
15). Kursus Bahasa Arab.
16). Kursus Praktek PAI.
17). Kursus Komputer.

2.      Program Umum
a.      Pembinaan Generasi Muda
1).  Pelatihan Keterampilan Pembuatan Spanduk.
2).  Dialog Tentang Bahaya Hubungan Di Luar Nikah.
3). Berpartisipasi Dalam Pelaksanaan Kegiatan HUT RI ke-65 Kecamatan Katingan Tengah.
4). Melatih Olahraga Basket.
5). Melatih Olahraga Volley Ball.

b.      Kependudukan Lingkungan dan Kesehatan
1).  Gotong Royong Pembersihan Lingkungan.
2).  Membuat dan Memasang Plat Nomor Rumah Warga.
3).  Pembuatan dan Pemasangan  Plang Masjid
4). Lomba Jalan Santai Dalam Memeriahkan HUT RI ke-65 Kecamatan Katingan Tengah.

c.       Peningkatan Peranan Wanita
1).  Berpartisipasi Dalam Kegiatan PKK.
2).  Dialog Tentang Peranan Seorang Wanita.

d.      Kepemerintahan
1). Berpartisipasi dan Siap Membantu Administrasi di Desa Samba Danum.
2). Berpartisipasi dan Siap Membantu di Kecamatan Katingan Tengah.

B.     Pelaksanaan Program
1. Pelaksanaan Program Khusus
                      Adapun pelaksanaan program khusus yang terealisasi dalam dua bulan masa KKN, dapat  dilihat pada schedule time berikut ini:

No.
Program Kegiatan
Bulan I
Bulan II
Keterangan
Minggu Ke
Minggu Ke
1
2
3
4
5
6
7
8
9












A.
Pembinaan Kehidupan dan Komunikasi Umat Beragama












1).Pembersihan Tempat dan Lingkungan Ibadah.


-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 10,16,23,28,30 juli 2010, 5,6,9,12,13,14,15, agustus 2010

2). Pengkaderan Imam. Bilal dan Khatib.

-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 12,13,14,15 agustus 2010

3). Pengkaderan Penyelenggaraan Fardhu kifayah (Jenazah).

-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 12,13,14,15 agustus 2010

4). Imam Tarawih.
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 10 agustus-1 september 2010

5). Tadarus Al-Qur’an.

-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 10 agustus-1 september 2010

6). Buka Puasa Bersama.
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 10 agustus-1 september 2010

7). Safari Ramadhan.

-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 21 agustus 2010

8).Pesantren Ramadhan.

-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 11-15 agustus 2010

9).Pelatihan MC, Pidato dan Ceramah
-


-

-
-
-


-


-

-


Di laksanakan pada tanggal 13-14 agustus 2010

10).Bazaar Pasar Murah Ramadhan.

-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 30 agustus 2010
B.
Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan











1).Mendirikan TK/TP Al-Qur’an di Masjid Noor.

-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 16 juli 2010

2).Berpartisipasi Mengajar TK/TP Al-Qur’an di Masjid Noor.

-
-
-
Di laksanakan  pada  19 juli-27 agustus 2010 (setiap hari jum’at libur)

3).Berpartisipasi Mengajar di SMPN-1 Samba Danum Katingan Tengah.

-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 12 juli-15 agustus 2010

4).Berpartisipasi Mengajar di SMP Muhammadiyah Samba Danum Katingan Tengah.

-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 15 juli-14 agustus 2010

5).Berpartisipasi Mengajar di SMA Muhammadiyah Samba Danum Katingan Tengah.

-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 15 juli-14 agustus 2010

6).Berpartisipasi Mengajar di SMAN-1 Samba Danum Katingan Tengah.

-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 19 juli-12 agustus 2010

7).Membina Pramuka di SMPN-1 Katingan Tengah.

-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 30 juli dan 6 agustus 2010

8).Membina Pramuka di SMA Muhammadiyah Katingan Tengah.
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 24 dan 31 juli, dan 7 agustus 2010

9).Lomba Adzan Sekaligus Iqomat.
-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 24-27 agustus 2010

10).Lomba Gerakan Shalat Berjamaah.
-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 24-27 agustus 2010

11).Lomba Hafalan Surah-Surah Pendek.
-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 24-27 agustus 2010

12).Lomba Busana Muslim tingkat Anak-Anak (TK/TPA).

-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 24-27 agustus 2010

13).Kursus Bahasa Inggris.

-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 12,16,18,19,23,25,26,30 juli dan 1,2,6,8,9, agustus 2010

14). Kursus Biologi.

-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 13,15,18,20,22,25,27,29, juli dan 1,3,5,8,10,12,agustus 2010

15). Kursus Bahasa Arab.

-
-
-
-
-
Di laksanakan pad tanggal 18,25, juli dan 1,8, agustus 2010

16). Kursus Praktek PAI.

-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 12,13,14,19,20,21,26,27,28, juli dan 2,3,4,9,10,11 agustus 2010

17). Kursus Komputer.



-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 21, 28  juli dan 4, 11 agustus 2010 



2.  Pelaksanaan Program Umum
               Adapun pelaksanaan program umum yang terealisasi dalam dua bulan masa KKN, dapat dilihat pada schedule time berikut ini:

No.
Program Kegiatan
Bulan I
Bulan II

Keterangan
Minggu Ke
Minggu Ke
1
2
3
4
1
2
3
4
5












A.
Pembinaan Generasi Muda












1).Pelatihan Keterampilan Pembuatan Spanduk.

-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 29 agustus 2010

2). Dialog Tentang Bahaya Hubungan Di Luar Nikah.

-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 14 dan 27 agustus 2010

3). Berpartisipasi Dalam Pelaksanaan Kegiatan HUT RI ke-65 Kecamatan Katingan Tengah.
-



-


-



Di laksanakan pada tanggal 12 juli sampai 17 agustus 2010

4). Melatih Olahraga Basket.

 -
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 13, 14, 15, 18, 19, 20, 21, 25, 26, 27, 28 juli sampai 1, 2, 3, 4, 8, 9, 10, 11 agustus 2010

5). Melatih Olahraga Volly Ball.

-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 29 juli sampai 6 agustus 2010

B.
Kependudukan Lingkungan dan Kesehatan











1). Gotong Royong Pembersihan Lingkungan.

-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 10, 18, 28 juli dan 5, 7, 8 agustus 2010 

2). Membuat dan Memasang Plat Nomor Rumah Warga.

-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 20 sampai 25 agustus 2010

3). Pembuatan dan Pemasangan Plang Masjid

-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 20, 27,28 agustus 2010

4). Lomba Jalan Santai Dalam Memeriahkan HUT RI ke-65 Kecamatan Katingan Tengah.

-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 22 agustus 2010
C.
 Peningkatan Peranan Wanita











1). Berpartisipasi Dalam Kegiatan PKK.

-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 7 dan 16 juli 2010

2).Dialog Tentang Peranan Seorang Wanita.

-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 14 dan 27 agustus 2010 
D.
Kepemerintahan











1).Berpartisipasi dan Siap Membantu Administrasi di Desa Samba Danum.

-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 6 juli  2010

2).Berpartisipasi dan Siap Membantu di Kecamatan Katingan Tengah.

-
-
-
-
-
-
-
-
Di laksanakan pada tanggal 21 juli 2010


C.    Evaluasi Pelaksanaan Program
             Dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Samba Danum kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan, Alhamdulillah semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik, hanya ada beberapa yang terlaksana tetapi kurang maksimal, yaitu program;
1.      Membuat dan memasang plat nomor
              Dalam Membuat plat nomor sudah selesai terbuat tetapi tidak sempat memasang karena waktu mepet mau pulang ke palangka raya karena habis masa KKN di desa Samba Danum. Mepetnya waktu karena bahan untuk membuat plat datang ketika minggu terkhir masa KKN di desa Samba Danum. Padahal sudah di jadwalkan kegiatan membuat dan memasang Plat rumah pada awal Juli, tetapi bahan datang di akhir masa KKN yaitu minggu terakir  Agustus
2.      Berpartisipasi dalam Kegiatan PKK
          Dalam ikut berpartisipasi dalam kegiatn PKK kegiatn ini  terlaksana tapi tidak optimal, selain Karena benturan waktu mengajar dan jauhnya jarak kegaiatn ibu-ibu PKK.
3.      Kursus Bahasa Arab dan kursus Komputer
           Dalam pelaksanaan kegiatn kursus Bahasa Arab dan kursus Komputer dapat terlaksana tetapi kurang  maksimal karena  sewaktu pelaksanaan kegiatan,  waktunya  sering berbenturan dengan kegiatan lain yang bersifat pesanan dari masyaraakat, sehingga pelaksanaanya yang seharusnya 3 jam menjadi 1 jam karena ada kegiatan lain.
4.Berpartisipasi dan siap membantu Administrasi di desa Samba Danum
                 Dalam berpartisipasi dan membantu administrasi di desa Samba Danum masih kurang maksimal. Sebagai contoh kemaren dimintai tolong dari Kepala desa Samba Danum untuk melakukan Sensus penduduk Samba Danum. Tidak dapat di laksanakan berhubung waktu sensus tidak mencukupi karena kami di mintai tolong sudah minggu terakhir masa KKN habis di desa Samba Danum tepatnya akhir Agustus.
  
D.    Kendala dan Solusi
1.      Kendala-kendala
         Adapun kendala-kendala yang kami hadapi dalam melaksanakan program kegiatan KKN, diantaranya adalah:
1). Banyak kegiatan yang diprogramkan, tetapi kesulitan dalam hal dana untuk pelaksanaan kegiatan. Kami berusaha memasukan proposal ke dinas pemerintahan tetapi tidak di izini oleh pihak BP-KKN akhirnya tidak jadi memasukkan proposal. Sedangkan yang sudah terlanjur masuk di kabupaten Katingan ada jawaban setelah kami mau pulang ke palangka raya  tetapi tidak dapat bantuan.   
2). Minimnya arahan dan motivasi lapangan yang dilakukan oleh BP-KKN terhadap mahasiswa. Hal ini menyebabakan mahasiswa berupaya melaksanakan kegiatan semampu Kami.
3). Kurangnya pengetahuan dan wawasan mahasiswa KKN terkhususnya bidang       Agama dan Organisasi .
4). Mayoritas masyarakat bekerja sebagai buruh sawit, bekerja di bidang pertambangan dan karet. Dan kebiasaannya masyarakat tersebut menginap di tempat dimana bekerja.

2.  Solusi (penyelesaian masalah)
          Untuk mengatasi beberapa masalah atau kendala tersebut, maka dilakukan hal-hal sebagai berikut:
1). Berusaha berkoordinasi dengan pihak yang terkait menyesuaikan kegiatan yang akan Kami  laksanakan, Alhamdulillah selalu mendapat respon yang baik dan mendapat bantuan dana. Dana yang sudah di dapat, Kami maksimalkan dengan melaksanakan 1 program kegiatan tetapi di dalamnya berbagai program kegiatan. 
2). Adanya motivasi dan arahan yang penuh dari BP-KKN kepada mahasiswa (i) KKN ketika mengunjungi, agar Mahasiswa (i) KKN lebih semangat dalam melaksanakan kegiatan dan lebih terarah kemana kegiatan harus dilaksanakan
3). Bagi pihak STAIN untuk lebih meningkatkan praktek pengamalan ibadah kepada mahasiswa (i) STAIN Palangka Raya dan agama, hal tersebut sangat penting sekali ketika para mahasiswa (i) KKN terjun langsung ke lapangan atau ketengah-tengah masyarakat. Sedangkan berorganisasi adalah modal yang penting atau tempat  belajar administrasi berpemerintahan, berkomunikasi dan melaksanakan suatu kegiatan yang akan mempermudah Mahasiswa (i) dalam melaksanakan suatu kegiatan dalam masyarakat.
4). Pembinaan masyarakat dan pengkaderan keagamaan lebih banyak terarah ke lembaga pendidikan yaitu sekolah-sekolah.













                                              















BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
      Dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAIN Palangka Raya angkatan ke-XXIII kelompok VIII di Desa Samba Danum Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan selama kurang lebih 2 (dua) bulan, banyak sekali pengalaman dan pengetahuan baru yang diperoleh. Dimana semua itu kami harapkan bermanfaat bagi kami khususnya serta kita semua pada umumnya, dan untuk menjadi bekal  dalam kehidupan di masa yang akan datang dalam lingkup bermasyarakat dan sesungguhnya.
             Adapun beberapa kesimpulan selama KKN, antara lain:
1.       Masyarakat Desa Samba Danum sangat antusias dalam kegiatan-kegiatan Mahasiswa KKN Angkatan ke-XXIII, meskipun adakalanya masyarakat sibuk di tempat mereka bekerja sehingga dari beberapa program yang kami laksanakan 95% terlaksana.
2.       Hidup di tengah-tengah masyarakat yang sudah cukup taraf pendidikannya membuat kita merasakan betapa pentingnya sebuah ilmu pengetahuan dan apa yang sudah kita di timba selama ini masih kurang.
3.       Segala kendala secara  teknis maupun non teknis dan keterbatasan sarana dan prasarana tidak menjadikan sebuah kendalana melaksanakan berbagai program kami, hanya saja  materi yang tidak dapat kami tanggulangi. Hal ini juga dapat di atasi dengan kami  melakukan koordinasi dan kerjasama dengan baik antar mahasiswa KKN dengan Masyarakat setempat dan tokoh-tokoh terkemuka. 

B.     Saran-saran
1.      Kinerja BP-KKN diharapkan lebih terfokus akan tanggung-jawabnya sesuai dengan tugas dan fungsinya.
2.      Diharapkan bagi pihak STAIN untuk  meningkatkan  mutu kualitas Mahasiswa terutama pada bidang PPI, PM dan mengarahkan Mahasiswa untuk berkecimpung di Organisasi Kemahasiswaan baik intra maupun ekstra Kampus yang ternyata sangat bermanfaat di masyarakat.
3.      Hendaknya warga Desa Samba Danum lebih meningkatkan Mutu Pendidikan dengan berbagai kajian baik melalui  kegiatan Keagamaan keislaman maupun di lembaga Pendidikan Sekolah .
4.      Menjaga Lingkungan dengan baik agar tidak terjadi banjir lagi   dan selalu meningkatkan sanitasi untuk mencapai masyarakat yang seha, cerdas dan berimtaq.
5.      Dan bagi Tokoh agama alim Ulama hendaknya saling bekerja sama dan jangan saling menonjolkan kemajuan masing-masing tapi saling lebih megutamakan kebersamaan, persaudaraan untuk memajukan agama Allah islam di muka bumi ini.
6.      Rasa Solidaritas antara sesama warga masyarakat Desa Samba Danum hendaknya terus dijalin, karena rasa kebersamaan dapat mewujudkan masyarakat yang madani.
7.      Hendaknya warga masyarakat Desa Samba Danum agar  berpikir bahwa pendidikan sangat penting, sehingga anak-anak yang lulus SD atau SMP atau SMA jangan hanya cukup sampai di situ  dan diusahakan agar dapat melanjutkan ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi.  Karena pendidikan sangat bermanfaat bagi masa depan anak, kelurga, bangsa dan Negara.
8.      Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang sangat melimpah, khususnya di wilayah Kabupaten Katingan hendaknya diusahakan lebih variatif dan kreatif, sehingga menghasilkan banyak keuntungan untuk bersama dan jangan terlalui di eksploitasi besara-besaran karena akan berdampak habisnya SDA yang ada terutama Pertambangan.


































 




No comments :

Post a Comment