RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



MATA PELAJARAN : BIOLOGI

 








Mahasiswa Penelitian :


IMAM SUPIYAN
NIM. 0701140057


Dosen Pembimbing I:

Drs. Nuriman Wijaya, M.Pd
NIP. 19631213 199103 1 002


Dosen Pembimbing II:

Noor Hujjatusnaini, M.Pd
NIP. 19771206 200312 2 004








  

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA
JURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI
1433 H/ 2012
 









Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP) I (satu)


Sekolah                             :    MAN Maliku
Kelas/Semester                :    X B/ I
Mata Pelajaran                 :    Biologi (Bakteri)
Pertemuan Ke-                 :    I (satu)
Alokasi Waktu                 :    2 x 45Menit
Standar Kompetensi         :   2.Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar           :   2.2.Mendeskripsikan ciri-ciri bakteri dan peranannya dalam kehidupan
Indikator                            :   1.Menjelaskan bakteri
                                                        2.Menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri
                                                        3.Menyebutkan peranan bakteri dalam kehidupan
A. Tujuan Pembelajaran
1.    Siswa mampu menjelaskan pengertian bakteri.
2.    Siswa mampu menjelaskan sejarah penemuan bakteri.
3.    Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri bakteri.
4.    Siswa mampu menyebutkan bagian-bagian stuktur sel bakteri.

B.  Materi Pokok
1.      Materi pokok bakteri dan penggolongannya.
2.      Sub. pokok bahasan, yaitu ;
1)   definisi bakteri
2)   sejarah penemuan bakteri
3)   ciri-ciri bakteri
4)   struktur sel bakteri

C.  Strategi Pembelajaran
1.    Model: STAD ( Students Teams Achievment Division )
2.    Metode : Demostrasi, tanya jawab, diskusi kelompok dan penugasan.

D.  Pelaksanaan Pembelajaran
1.   Kegiatan Pendahuluan ( 10 Menit )
a.  Mengucapkan salam.
b.Mengkondisikan Siswa di kelas dengan mengecek kehadiran siswa.
c. Membuka pelajaran dengan mengucapakan : “Basmallah”.
d.   Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan :
“ Pernahkah kalian melihat atau menemui sesuatu yang basi ?”(Fase 1)
e. Apersepsi :
”Tahukah kalian bahwa secara tidak disadari banyak bahan makanan yang bisa basi bahkan menjadi membusuk, ternyata hal ini sering kalian temui bahkan bisa setiap hari, ada yang tahu; apa penyebab basinya suatu bahan-bahan makanan tersebut? coba sebutkan!” (Fase 1)
f.     Menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (Fase 1)
2.   Kegiatan Inti ( 70 Menit )
a. Guru menyajikan materi kepada semua siswa dengan jalan demonstrasi dan lewat bahan materi yang dibagikan. (Fase 2)
b.Guru membagi kelompok kedalam kelompok-kelompok kecil, tiap kelompok beranggotakan antara 4-5 orang. (Fase 3)
c. Guru memanggil tiap ketua kelompok dan membagikan lembar kegiatan siswa (LKS).(Fase 3)
d.   Guru menjelaskan prosedur dan tekhnik pengisian Lembar Kerja Siswa (LKS).(Fase 3)
e. Guru membimbing kelompok-kelompok belajar saat mengerjakan tugas. (Fase 4)
f. Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi bakteri dengan jalan masing-masingkelompok mempersentasikan hasil kerjanya. (Fase 5)
g.Guru meneruskan dengan memberikan kuis terbatas kepada tiap individu maupun kelompok yang mewakili tiap kelompoknya.  (Fase 5)
h.Guru memberikan penghargaan kepada siswa baik secara individu dan kelompok yang terbaik dalam aktivitas dan hasil belajar berupa persentase yang disampaiakan.(Fase 6)
3.   Kegiatan Penutup ( 10 Menit )
a.    Guru memberi membimbing siswa untuk menyimpulkan materi pelajaran pada pertemuan ini.
b.    Guru memberikan tugas rumah.
c.    Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan : “Hamdallah”.
d.   Mengucapkan Salam.

E.  Sumber Belajar
1.    Buku biologi kelas X, buku siswa kelas X dan materi dari internet.
2.    LCD, Power point atau slide materi, dan notebook.

F.  Penilaian  Hasil Belajar
1.   Tenik Penilaian
a.    Tes lisan (kuis).
b.   Tes tertulis
2.   Bentuk Instrumen
a.    Uraian.
b.   Pilihan ganda
c.    LKS (Lembar Kerja Siswa).
d.   Penugasan rumah.
3.   Contoh Instrumen
a. Tes lisan uraian
1) Untuk individu
·   Jelaskan pengertian bakteri !
·   Sebutkan ciri-ciri bakteri !
2) Untuk kelompok
·   Sebutkan bagian-bagian struktur bakteri !
3)   Penugasan rumah (Kelompok)
·   Jelaskan sejarah singkat penemuan bakteri !
b.    LKS (Lembar Kerja Siswa), terlampir.

      Maliku,         Februari   2012





Mahasiswa Penelitian,




IMAM SUPIYAN
NIM.0701140057



 
Dosen Pembimbing I,




Nuriman Wijaya, M.Pd
NIP. 19631213 199103 1 002

Dosen Pembimbing II,



Noor Hujjatusnaini, M.Pd
NIP. 19771206 200312 2 004


Mengetahui
Kepala MAN Maliku,



Paryoto, S.Pd.I
NIP. 19700513199402 1 001





Lampiran :

1. Materi
2.LKS (Lembar Kerja Siswa)/ LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)










No comments :

Post a Comment