Monday, January 27, 2014

Makna Memayu Hayuning Bawono



         Secara harfiah kata tersebut berasal dari bahasa jawa kawi atau jawa kuno secara terpotong adalah Memayu = mengayomi / melindungi / menjaga, Hayuning ( Rahayuning ) = kelestarian , Bawono / buana = bumi / dunia . Dan bisa diartikan Menjaga Kelestarian bumi, nenek moyang bangsa indonesia terbukti sebagai salah satu umat yang memiliki peradaban yang sangat tinggi dengan memiliki kesadaran bahwa saat kita menjaga kelestarian alam atau bumi ini maka akan mendapat ketenteraman dalam menjalani kehidupan tanpa ada ketimpangan apapun.
         Bila kita menjaga alam ini maka alam akan menjaga kita sebaliknya bila kita menyia nyiakan alam ini maka kita akan disia-siakan oleh alam, bencana akan selalu menghantui senantiasa dalam kehidupan manusia. suatu imbal balik yang seimbang karena alam memerlukan keseimbangan dimana saat kita merawat dan tidak merusak isi alam maka akan sangat mudah kita dalam mendapatkan apa yang kita perlukan dari alam. Konsep melindungi alam dalam kemasyarakatan bangsa indonesia lebih tua dari green peace ( badan perlindungan alam dunia ), serta konsep Ke-Khalifahan yang diajarkan nabi Muhammad SAW yang selalu menyerukan manusia sebagai pengelolah bumi ini sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna. 
         Sudah saatnya kita sadar dan bergerak dari diri sendiri untuk memberikan sumbangsih kepada alam yang telah memberikan setia kebutuhan hidup kita, tidak adil jika kita hanya mengeruk apa yang ada diisi bumi ini dan kita tidak menjaga kelestarian dan keseimbangan alam 

" Alam bukan warisan nenek moyang tapi titipan dari anak cucu kita"

Sumber : http://pshttegaldlimo.webs.com/keshan.htm
 

No comments :

Post a Comment