Sunday, January 12, 2014

TUNAS KELAPA

 
 
Arti Lambang Tunas Kelapa ;
1.     Akar
Akar artinya Dasar/awal. Maksudnya yaitu seorang pramuka harus memiliki dasar yang kuat berupa keimanan kepada Tuhan YME seperti termaktub dalam bunyi Dasa Dharma pertama. Seseorang pramuka yang memiliki keimanan yang kuat sebagai dasarnya merupakan awal yang luhur sebagai dasar pembentukan kepribadian seorang pramuka yang berbudi luhur dan berjiwa serta berwatak pancasila.
2.   Buah Kelapa
Buah Kelapa artinyaCikal Bakal/ Penduduk Asli. Maksudnya yaitu seorang pramuka sebagai penduduk asli suatu daerah tertentu atau sebagai cikal bakal daerah tertentu harus memiliki kepedulian untuk memajukan daerahnya secara khusus daerah yang ditempati dan secara umum dan luas untuk memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3.   Tunas
Tunas artinya subur/penerus. Maksudnya yaitu kita sebagai seorang pramuka harus memiliki sifat semangat yang berkobar-kobar seperti api unggun yang menyala sebagai generasi penerus yang masih subur (remaja atau pemuda/i) untuk melanjutkan pembangunan di sektor/bidang pendidikan, perekonomian, pertanian, perindustrian dan pemerintahan demi kemajuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4.   Tunas Tinggi
Tunas Tinggi artinya Cita-cita yang tinggi. Maksudnya yaitu sebagai seorang pramuka harus memiliki keinginan menggebu-gebu yang diwujudkan dengan keinginan (harapan) yang tinggi dalam bentuk cita-cita yang terwujud. Cita-cita yang terwujud adalah cita-cita yang diraih dengan usaha dan kerja keras serta doa restu Orang Tua. Miliki cita-cita setinggi langit dan bercita-citalah untuk menjadi orang yang berarti bukan diartikan, menjadi orang yang berguna bukan digunakan, menjadi orang yang bermanfaat bukan dimanfaatkan.
Menurut Pembina Kak Is : “Menjadi orang yang sederhana tapi istimewa dengan memiliki pengetahuan/ wawasan keilmuan yang luas, skill (keterampilan) yang terampil, kemampuan yang handal IPTEK dan IMTAQ serta siap menghadapi tantangan zaman yang semakin maju, canggih dan modern”.
Uraian dari Arti Kiasan Lambang Tunas Kelapa ;
1.    Buah kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan Cikal, istilah cikal bakal di Indonesia, maksudnya adalah penduduk asli yang pertama yang menurunkan generasi baru. Jadi, lambang buah kelapa yang tumbuh mengiaskan bahwa setiap Pramuka merupakan inti dari kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
2.    Buah kelapa dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga. Lambang buah kelapa tersebut mengiaskan bahwa setiap Pramuka adalah seorang kuat dan sehat jasmani serta rohaninya, ulet serta besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dalam hidup dan menempuh segala ujian dan kesukaran untuk mengabdi pada tanah air Indonesia
3.    Buah Kelapa dapat tumbuh dimana saja. Lambang itu mengiaskan bahwa setiap Pramuka dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya (masyarakat) dimanapun dia berada dan dalam keadaan yang bagaimanpun juga.
4.    Pohon kelapa tumbuh menjulang lurus ke atas merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia. Jadi, Lambang tersebut mengiaskan bahwa setiap Pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi dan lurus, yakni mulia, jujur dan tetap tegak tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu.
5.    Akar kelapa tumbuh kuat dan erat di dalam tanah. Lambang tersebut mengiaskan bahwa setiap Pramuka mempunyai tekad dan keyakinan yang baik serta benar untuk memperkuat dirinya dalam mencapai tujuan dan cita-citanya.
6.    Kelapa adalah pohon yang serba guna dari ujung atas hingga akarnya, mengkiaskan bahwa setiap Pramuka adalah manusia yang berguna dan membaktikan diri dan kegunaannya kepada kepentingan tanah air, Bangsa dan Negara kesatuan Indonesia serta kepada umat manusia.

No comments :

Post a Comment